SIRAH NABAWIYAH

Pemimpin Terbaik Sepanjang Masa

Surat seruan, Rasulullah sampaikan lewat dutanya. Hingga sampai di tangan dua raja-diraja saat itu, yaitu Kaisar Heraclius di Romawi dan Kisra di Persia. Semua mendapat surat dari Rasulullah saw tentang seruan Islam.

Beragam tanggapan yang diterima oleh Rasulullah Muhammad saw. Namun sekali lagi, hal itu tak membuat Rasulullah dan para sahabat gentar dalam menyampaikan Islam dan ajarannya.

Kontak fisik bersenjata kadang kala harus terjadi, manakala dakwah Islam dihalangi secara fisik bersenjata lewat kekuatan negara. Hal ini tidaklah menyurutkan derap langkah Rasul dan para sahabat untuk tetap istiqomah berdakwah menyampaikan Islam. Hingga Allah SWT berkenan untuk memberikan kemenangan demi kemenangan kepada Rasulullah Muhammad saw dan para sahabatnya.

Masyarakat Islam semakin kokoh tak tergoyahkan. Menjelma menjadi masyarakat kuat yang mulai diperhitungkan kekuatannya oleh masyarakat dunia yang diwakili oleh Kekaisaran Romawi dan Imperium Persia. Hal ini terjadi manakala Islam nampak diterapkan oleh Rasulullah Muhammad saw dalam seluruh aspek kehidupan, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan bahkan politik luar dan dalam negeri, semua menggunakan aturan Islam.

Adapun kehidupan di dalam negeri masyarakat Islam dipenuhi oleh rasa keadilan di antara individu masyarakatnya. Setiap kali Rasulullah Muhammad saw mendapatkan hadiah dan berbagai macam pemasukan negeri berupa harta. Rasulullah saw langsung membagikannya kepada seluruh warga masyarakat yang dipimpinnya, hingga habis tak bersisa, dibagikan diantara individu masyarakat dengan sangat adil.

Rasulullah saw bukanlah tipe pemimpin yang suka menumpuk harta. Rasulullah saw bukanlah tipe pemimpin yang suka kemewahan dunia. Rasulullah Muhammad saw adalah tipe pemimpin yang menyukai kebaikan bagi seluruh rakyat yang dipimpinnya, yaitu keselamatan didunia dan diakhirat. Karenanya Rasulullah Muhammad saw senantiasa mengingatkan tentang kebaikan kepada seluruh rakyatnya. Hingga kebaikan itu Beliau contohkan langsung dalam seluruh sikap dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Sebenar-benarnya contoh kebaikan. Bukan pencitraan dan pembohongan publik.

Sehingga Rasulullah saw menjelma menjadi pemimpin yang mencintai rakyatnya, dan rakyatnya pun mencintai pemimpinnya, yaitu Rasulullah Muhammad saw.

Rasulullah saw selalu memperhatikan seluruh kebutuhan hidup yang diperlukan oleh masyarakatnya dan berusaha dengan segenap kemampuannya untuk memenuhinya. Tersebab memenuhi seluruh kebutuhan rakyat adalah kewajiban pemimpin. Baik sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan dan keamanan. Melalui mekanisme yang dijabarkan dan diambil dari perintah dan larangan yang bersumber dari Alquran dan Hadist Rasul.

Pun demikian, Rasulullah saw selalu memikirkan pemenuhan hak seluruh masyarakat dunia yaitu hak mereka untuk mengetahui ajaran Islam. Semua upaya untuk memenuhi kewajiban tersebut dilakukan dengan sepenuh tanggung jawab, apapun halang rintang yang menghadangnya, tersebab hanya ajaran Islam sajalah yang sungguh-sungguh dalam memenuhi hak seluruh umat manusia, yang sesuai dengan fitrah penciptaan manusia, memuaskan akal dan menentramkan hati, yang mampu menerangi kehidupan manusia.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close