TELADAN

Sepenggal Kisah Keistimewaan Utsman bin Affan ra

Beliau adalah sahabat baginda Rasulullah Muhammad Saw, sekaligus menantunya. Dikenal dengan sifatnya yang sangat pemalu namun sangat dermawan. Terlahir dari keluarga saudagar dan bangsawan Arab Quraish. Menduduki jabatan sebagai Khalifah ketiga dalam jajaran Khulafaur Rasyidin, menggantikan kepemimpinan sebelumnya yaitu kepemimpinan Umar bin Khattab ra, setelah beliau wafat, kemudian para sahabat dan kaum muslimin membaiatnya dan menjadikannya sebagai Khalifah. Beliau adalah Utsman bin Affan ra.

Prestasi terbesar Beliau yang ditulis dengan tinta emas sejarah adalah upayanya dalam menjaga Alquran dengan menjadikannya sebagai sebuah mushaf dengan sistematika susunan yang luar biasa sempurna. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya ada upaya pengumpulan Alquran oleh dua Khalifah sebelumnya dari para sahabat Rasul. Setelah para Khalifah melihat kenyataan banyaknya para Sahabat penghafal Alquran yang syahid saat melaksanakan kewajiban jihad dalam aktivitas futuhat dan pembebasan negeri. Akhirnya para Khalifah dalam jajaran Khulafaur Rasyiddin memandang penting dan mendesak urusan pengumpulan Alquran, sebagai bentuk penjagaan kemurnian isi Alquran.

Para sahabat berlomba dalam upaya pengumpulan Alquran, hingga akhirnya ditetapkan satu mushaf Alquran oleh Khalifah Utsman bin Affan ra untuk diberlakukan diseluruh negeri kaum muslimin, setelah sebelumnya kaum muslimin hampir terpecah belah tersebab perbedaan sistematika penyusunan mushaf Alquran yang dilakukan oleh para sahabat Rasul.

Sungguh keputusan Khalifah Utsman bin Affan dalam menetapkan pemberlakuan satu mushaf Alquran diseluruh negeri kaum muslimin telah menyelamatkan kaum muslimin dari perpecahan. Benarlah jika penetapan satu pendapat Khalifah, dapat menyelesaikan perselisihan dikalangan kaum muslimin dan umat manusia. Dan benar pula firman Allah SWT bahwa Allah SWT yang menurunkan Alquran dan Allah SWT pula menjaganya melalui tangan dan kekuasaan Utsman bin Affan ra.

Kaum muslimin kembali dapat bersatu dan dapat melanjutkan berbagai macam agenda yang telah ditetapkan Allah SWT dan RasulNya melalui kepemimpinan Utsman bin Affan ra.

Kewajiban dakwah dan jihad, tetap dilanjutkan dan dilaksanakan oleh Khalifah Utsman bin Affan ra. Hingga mampu membebaskan seluruh negeri Persia dari kedzoliman dan perbudakan para Kisra Persia. Dan mampu membangun armada laut pertama melalui tangan gubernur Syam saat itu yaitu Muawiyyah bin Abu Shofyan ra, dimasa kekuasaan Khalifah Utsman bin Affan ra.

Sebuah armada laut yang berhasil membebaskan pulau Cyprus dari kekuasaan Romawi, sebuah prestasi luar biasa dalam aktivitas jihad dan futuhat. Sebuah aktivitas yang mampu mewujudkan apa yang telah dikabarkan oleh Rasulullah Muhammad Saw. Sebuah aktivitas pembenaran atas bisyarah Rasulullah SAW, bahwa beliau melihat dalam mimpinya, para sahabat Rasul berlayar diatas lautan bagaikan para raja/pembesar. Dan Khalifah Utsman bin Affan ra mampu mewujudkan kabar itu, melalui kebijakan futuhatnya.

Namun tetaplah jasa terbesar Khalifah Utsman bin Affan ra adalah upayanya dalam menjaga kemurnian Alquran dengan membukukannya atau menyusunnya sebagai sebuah mushaf Alquran, kumpulan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Saw melalui malaikat Jibril as, yang sampai hari ini bisa kita lihat, baca, hafalkan, tadaburi, hingga kita upayakan agar mampu kita amalkan segala petunjuk yang ada dalam Alquran.

Tersebab prestasi futuhat terbesar, terberat dan terbanyak terjadi pada masa Kekhilafahan Umar bin Khattab ra, yang kemudian dilanjutkan oleh Khalifah Utsman bin Affan ra.

Maka, sangatlah wajar, jika Khalifah Utsman bin Affan ra mendapat jaminan masuk kedalam surga tanpa hisab. Salah satu sahabat Rasulullah Muhammad Saw yang dijamin masuk surga. Tersebab kesungguhan upayanya dalam menjaga Islam dan kaum muslimin.

1 2Laman berikutnya
Tags
Back to top button
Close
Close