Betul Kata Gembong PDIP, Gaya Komunikasi Pj Gubernur Heru Memang Buruk
Dijelaskan, slogan ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’ merupakan visi dari Pj Gubernur Heru Budi Hartono.
Visi Gubernur DKI
Belakangan diketahui, slogan ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia!’ ternyata menggantikan slogan milik mantan Gubernur Anies Baswedan yang berbunyi ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’. Slogan ini adalah slogan pasangan Anies-Sandi dalam Pilgub 2017 lalu.
Faktanya, slogan ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’ juga tidak didesain khusus logonya dan tidak menjadi merek resmi Pemprov DKI. Terbukti tidak ada Pergub yang dikeluarkan atas hal tersebut.
Berbeda dengan branding kota bernama ‘PlusJakarta’ atau ‘+Jakarta’ dengan slogan ‘Jakarta Kota Kolaborasi’. Identitas kota ini termaktub dalam Peraturan Gubernur DKI Nomor 58 Tahun 2020 tentang Penjenamaan Kota Jakarta.
Sehingga jika Heru hendak mengubah ‘city branding’ tersebut, mestinya dilakukan dengan pencabutan Pergub di era Anies dan diganti dengan Pergub yang baru tentang penjenamaan kota Jakarta itu. Nyatanya hal itu tidak dilakukan.
Mengenai visi yang dituangkan menjadi slogan, dalam perjalanan gubernur DKI Jakarta memang berbeda-beda.
Informasi ini diunggah di akun Instagram @jsclab pada Selasa, 13 Desember 2022. Akun tersebut menuliskan, setiap gubernur memiliki visi masing-masing yang diwujudkan dalam bentuk slogan.
“Slogan program dibuat sesuai visi gubernur yang dilakukan oleh setiap gubernur yang menjabat di DKI Jakarta,” demikian bunyi akun Instagram @jsclab.
Akun @jsclab menerangkan perbedaan penjenamaan kota atau ‘city branding’ dengan slogan program. Slogan program adalah kata-kata yang terbentuk dengan mengacu pada visi gubernur.
Tujuannya untuk merealisasikan program milik gubernur yang sedang menjabat.