NASIONAL

BPS: Indeks Demokrasi DKI Jakarta Tertinggi, Jateng Masuk Katagori Buruk

Jakarta (SI Online) – Provinsi DKI Jakarta mendapatkan predikat provinsi dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tertinggi di Tanah Air pada tahun 2018 dengan angka 85,08 dan kategori “baik”.

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) merupakan indikator komposit (tunggal) yang mampu menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan lintas kementerian dan sejumlah pakar untuk menyusun data tahunan ini.

“Pada tahun 2018, DKI Jakarta memperoleh IDI sebesar 85,08 poin. Terdapat peningkatan sebanyak 0,35 poin dari tahun sebelumnya (2017),” kata Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto dalam penyampaian data IDI 2018 di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Senin 29 Juli 2019.

Jakarta, lanjut Suhariyanto, memiliki aspek kebebasan sipil dan aspek lembaga demokrasi dengan poin yang tinggi, yakni 95,09 dan 87,82. Namun, dalam aspek hak-hak politik, Jakarta masih berada di kategori “sedang” dengan 75,43 poin.

“Namun, ini masih membuat Jakarta memiliki IDI tertinggi seperti tahun sebelumnya, dan malah mengalami peningkatan,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, tepat di belakang Jakarta terdapat Provinsi Bali dengan IDI sebesar 82,37. Nusa Tenggara Timur berada di posisi ketiga dengan selisih poin IDI yang tipis dari Bali sebesar 82,32.

Secara terpisah, BPS Jawa Tengah mencatat adanya enam indikator kinerja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) provinsi ini pada 2018 masuk dalam katagori buruk.

“Masih ada enam indikator kinerja berkategori buruk dengan nilai masih di bawah 60 poin,” kata Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono di Semarang, Senin 29 Juli 2019.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button