MAHASISWA

Menjadi Insan Berilmu di Era Digital

Pada dasarnya, hal yang paling harus diperhatikan dalam menuntut ilmu menurut Syekh Az-Zarnuji adalah kesungguhan atau fil jaddi. Adanya kesunguhan merupakan awal dari niat yang nantinya akan mendatangkan keberhasilan yang diberikan oleh Allah SWT. Selain dibutuhkan kesungguhan, hal lain yang harus diperhatikan adalah komitmen atau al muzallimah dan perhatian yang dilakukan terus menerus. Sehingga, ketiga sikap ini harus dilakukan secara beriringan agar ilmu yang dipelajari dapat bermakna hingga masa tua nanti. Hal ini dikatakan pada Surat Al Ankabut Ayat 69, “Dan orang-orang berjuang, untuk mencari keridhaan Kami, niscaya Kami tunjukkan mereka jalan-jalan menuju Kami”.

Era Digital dan Pengaruhnya

Era digital merupakan perkembangan globalisasi yang diterima oleh semua masyarakat di dunia tanpa terkecuali. Adanya era digital ini dapat membawa pengaruh baik dan pengaruh buruk. Berikut ini pengaruh baik yang dapat kita syukuri dan kita nikmati dari adanya jaman yang serba digital:

  1. Memudahkan mendapatkan informasi yang lebih baik.
  2. Menambah wawasan dan komunikasi yang bersumber dari berbagai belahan dunia.
  3. Membuat transaksi menjadi cepat dan lebih mudah dijangkau dari segi biaya dan waktu.
  4. Terciptanya beberapa teknologi yang memudahkan pekerjaan, seperti pada bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Banyaknya bantuan dengan adanya pengaruh digital tidak serta merta membuat kita mengabaikan pengaruh buruknya. Hal ini dikarenakan apabila tidak diatasi maka akan berdampak bagi kelangsungan hidup di masa mendatang. Berikut pengaruh buruk dari adanya era digital:

  1. Tersebarnya informasi palsu atau hoax.
  2. Banyaknya penipuan yang berkedok bisnis dan kejahatan siber atau cyber crime.
  3. Terdapat situs berkonten negatif.

Dari penjelasan diatas, era digital dapat dikatakan membawa ke dua dampak yang berlawanan. Bila kita sebagai manusia tidak memperhatikan dampaknya, maka kita akan terjerumus. Sehingga kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu menggunakan perangkat digital atau beraktivitas di era digital.

Masa Depan Insan Berilmu di Era Digital

Tanpa kita sadari, kemudahan era digital akan membawa dampak di masa mendatang. Misalnya saat ini, banyak sekali orang-orang yang tidak bisa lepas dari penggunakan barang elektronik seperti smartphone. Atau dalam bisnis usaha perbankan dan industri, kita dapat melihat setiap saat pasti selalu ada pembaharuan elektronik dan sistem yang digunakan untuk mendukung kinerja karyawannya. Ini berarti membuktikan bahwa kemajuan teknologi atau perkembangan era digital tidak bisa kita pungkiri.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat membentuk insan berilmu di masa mendatang dengan adanya era digital?

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button