PARENTING

Penggunaan Gawai di Sekitar Pengaruhi Kognitif Anak

Jakarta (SI Online) – Beberapa orang tua kerap meminta anak meletakkan ponsel karena khawatir soal dampak terlalu banyak menggunakan layar gawai terhadap anak.

Namun bagaimana bila masalahnya bukan hanya kebiasaan anak, tetapi justru kebiasaan orang tua yang masih menggunakan teknologi di sekitar anak?

Seperti dilansir Medical Daily, Rabu (07/05), sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang tua menggunakan teknologi di sekitar anak dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak, dan kesehatan emosional.

Banyak orang tua yang menggulir ponsel mereka saat makan atau bermain, sering kali tanpa berpikir dua kali. Namun, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini menciptakan gangguan yang semakin besar yang dikenal sebagai “phubbing”, ketika teknologi menghalangi hubungan tatap muka.

Anak-anak bergantung pada perhatian dan ketanggapan orang tua untuk merasa aman, menjelajahi dunia mereka dan berkembang secara emosional.

Ads: Informasi terkait dunia farmasi di daerah dapat diakses melalui pafikabpasaman.org

Para peneliti dalam studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open mengungkapkan sebuah temuan, ketika orang tua menggunakan teknologi di sekitar anak-anak mereka, hal itu terkait dengan perkembangan kognitif yang lebih rendah, perilaku internalisasi dan eksternalisasi yang lebih tinggi, dan keterikatan yang lebih lemah.

Anak-anak juga menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar sehingga berdampak pada konsisten terlepas dari jenis teknologi yang digunakan.

“Penggunaan teknologi oleh orang tua di hadapan anak mereka dikaitkan secara negatif dengan hasil kognitif dan psikososial serta waktu menonton layar pada anak kecil, meskipun ukuran dampaknya kecil. Diperlukan penelitian lebih lanjut yang berfokus pada dampak potensial pada aktivitas fisik, tidur, dan keterampilan motorik,” para peneliti menyimpulkan.

Temuan ini tidak berarti perangkat teknologi berbahaya, karena dapat menjadi alat yang berguna bagi orang tua.

Namun, mengatur bagaimana dan kapan perangkat digunakan di sekitar anak-anak dapat membantu mengurangi kemungkinan efek negatif.

Salah satu pendekatan yang bermanfaat adalah menonton atau menggunakan perangkat bersama-sama dengan anak-anak, yang telah berhubungan positif dengan hasil kognitif pada anak usia dini. []

sumber: ANTARA

Artikel Terkait

Back to top button