Puasa Arafah di Hari Wukuf
Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Saw bersabda:
ما من يوم أكثر من ان يعتق الله فيه عبدا من النار من يوم عرفة و انه ليدنو ثم يباهي بهم الملائكة فيقول : ما أراد هؤلاء؟
Artinya: Tiada satupun hari yang paling banyak Allah membebaskan hamba-Nya dari azab neraka melainkan hari Arafah, di hari itu Allah begitu dekat dengan hamba-hambaNya, Dia ungkapkan rasa bangga dengan jamaah wukuf di hadapan para Malaikat, seraya berfirman: Apa sajakah yang diinginkan oleh mereka? (HR. Muslim No. 1348)
Hadits ini menjadi bukti (dalil) bahwa puasa Arafah berkaitan erat dengan hari dimana jamaah haji sedang wukuf di padang Arafah Makkah al-Mukarramah.
Puasa tanggal 9 Dzulhijjah:
ان رسول الله صلي الله عليه و سلم كان يصوم تسعا من ذي الحجة
Bahwasanya Rasulullah Saw puasa tanggal 9 Dzulhijjah. (HR.An-Nasa’i No. 2417), (HR. Ahmad No. 27111)
Larangan puasa hari Arafah bagi yang sedang wukuf:
ان رسول الله صلي الله عليه و سلم نهي عن صوم يوم عرفة بعرفات
Rasulullah Saw melarang shaum yaum arafah di Arafah (yang sedang wukuf) (HR. Ahmad No. 8146, Abu Daud No. 2440, Ibnu Majah No. 1732)
ان رسول الله قال: ان يوم عرفة و يوم النحر و ايام التشريق عيدنا اهل الإسلام و هو ايام اكل و شرب
Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya hari Arafah, hari Nahr (Iedul Adha) dan hari Tasyriq adalah hari raya umat Islam dan hari-hari tersebut adalah hari makan dan minum. (HR. Bukhari No. 1993, Tirmidzi No. 773, Abu Daud No. 2419)
Rasulullah Saw Tidak Puasa Saat Wukuf di Arafah:
فارسلت بقداح لبن و هو واقف علي بعيره فشرب به.
Aku kirim (kata Ummul Fadhl bi ti Harits) kepada Rasulullah Saw satu kendi laban (susu kambing) dan Beliau sedang wukuf duduk diatas untanya, lalu diminumnya laban tersebut. (HR. Bukhari No. 1988).
Dari Sayyidah Maimunah istri Rasulullah Saw:
فارسلت اليه بحساب و هو واقف في الموقف و شرب منه و الناس ينظرون
Lalu aku (kata Maimunah) kirim kepada Rasulullah halib (susu) dan Beliau sedang wukuf di tempatnya., lalu diminumnya, sementara orang-orang pada memandang-nya. (HR. Bukhari No. 1989).
Keutamaan Puasa Arafah:
سئل رسول الله صلي الله عليه و سلم عن صوم يوم عرفة فقال : يكفر السنة الماضية و الباقية
Rasulullah Saw ditanya tentang Shaum Yaum Arafah (Puasa hari Arafah), jawab Beliau: Menghapuskan dosa tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. (Yukaffiru as-sanata ‘lmadhiyah wal ‘baqiyah) (HR. Muslim No. 1162, Tirmidzi No 749, ibnu Majah No. 1730)
Kesimpulannya:
1) Rasulullah Saw melarang Puasa Hari Arafah bagi yang sedang wukuf di Arafah, tanggal 9 Dzulhijjah.
2) Sedangkan sebaliknya bagi yang tidak sedang wukuf dianjurkan oleh Rasulullah Saw untuk puasa karena keutamaannya yang sangat besar.
3) Keutamaan puasa hari Arafah adalah menghapuskan dosa tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya.
4) Waktu yang mustajab dimana doa seseorang diijabah oleh Allah adalah ketika jamaah haji sedang wukuf di Arafah. Karena itu mereka dianjurkan untuk banyak berdoa, zikir dan istighfar saat wukuf.
5) Dengan demikian, Shaum Yaum Arafah (Puasa Hari Arafah) berkaitan erat dengan Wukuf di Arafah sebagai puncak dari prosesi ritual ibadah haji, sesuai dengan Sabda Rasulullah Saw:
الحج عرفة
Haji itu adalah Arafah.
Wallahu a’lam bish-shawaab.
09 Dzulhijjah 1445 H/15 Juni 2024
KH. Muhammad Abbas Aula, Pengasuh Ma’had Al-Qur’an Wal Hadis (Maqdis) Bogor