NASIONAL

300 Relawan Simpul Umat Cinta Negeri Ikuti Gowes Sehat Bareng Umat Jakarta

Jakarta (SI Online) – Kelompok aktifis pengajian dan masjid di Jakarta yang menamakan diri Simpul Umat Cinta Negeri, mengadakan gowes bersama bertajuk “Sehat Bareng Umat Jakarta”, Ahad pagi 16 Agustus 2020. Kegiatan digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gowes bersama yang dimulai dan diakhiri di halaman Gedung Joang 45, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat itu, diikuti sekitar 300 orang. Mereka berasal dari seluruh wilayah di Jakarta.

Koordinator Simpul Umat Cinta Negeri, Sutrisno Muslimin, mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya dimaksudkan untuk menjalin ukhuwah, persatuan dan kesatuan umat.

“Kita jalin persatuan, kesatuan. Jangan tonjolkan perbedaan. Jangan tercerai berai,” kata Sutrisno kepada wartawan di halaman Gedung Joang ’45, Jakarta, Ahad (16/08).

Selain itu, dengan kegiatan bersepeda ini juga dalam rangka mengajak umat kepada kebaikan dan menjaga kesehatan.

Koordinator Simpul Umat Cinta Negeri Sutrisno Muslimin (kanan) dan Ketua Pelaksana Gowes Sehat Bareng Umat, HM Mursalin.

“Bersepeda dalam rangka sehat untuk menjaga imunitas. Kita harus terus mendorong bagaimana umat kita sehat,” kata Sutrisno.

Sutrisno juga berharap agar para relawan Simpul Umat Cinta Negeri terus mengajak umat agar menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan munkar.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Gowes ‘Sehat Bareng Umat Jakarta”, HM Mursalin, mengatakan saat ini membuat simpul umat bukan perkara mudah. Pasalnya, umat telah terpecah belah akibat pelaksanaan pemilu.

Sebagian peserta Gowes Bareng Umat Jakarta.

“Dengan bersepada ini, seperti dimasyarakatkan Mas Anies (Gubernur Anies Baswedan, red) sangat luar biasa. Ini bisa menyatukan umat,” kata Mursalin.

Pada permulaan ini, lanjut Mursalin, pihaknya mengadakan bersepeda bersama dengan jarak tempuh sekitar delapan kilometer. Ke depan, akan digelar lagi dengan jarak tempuh yang lebih jauh lagi. “Nanti meningkat 20 km. Ini sebagai latihan saja,” kata dia.

red: shodiq ramadhan

Back to top button