NASIONAL

Mantan Kepala SMAN 2 Yogya Wafat, Begini Kenangan Haru Anies Baswedan

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sebuah kabar duka melalui akun Facebooknya. Anies mengabarkan, mantan Kepala Sekolah SMAN 2 Yogyakarta, Drs Wahyuntono Kusumabrata meninggal dunia pada Rabu 31 Juli 2019 di Rumah Sakit Ludiro Husodo.

Jenazah almarhum Wahyuntono dimakamkan di Makam Jati Jl Kabupaten, Yogyakarta, Kamis pagi 1 Agustus 2019.

Anies ternyata memiliki kenangan mengharukan dengan gurunya itu. Kenangan itu dituliskan Anies melalui akun Facebooknya, Kamis 1 Agustus 2019. Berikut kutipan selengkapnya:

Namanya Wahyuntono, biasa dipanggil Pak Anton. Setiap jam 6.30 beliau sudah berdiri di gerbang sekolah. Beliau menyapa kami dengan senyum hangat.

Jam tujuh pintu gerbang ditutup. Tapi Pak Anton tidak pergi. Beliau tetap menyapa yang terlambat. Ditanya satu-satu, mengapa terlambat. Mereka jera, ditanya langsung kepala sekolah. Sekolah jadi tertib.

Parkiran motor siswa di sekolah kami cukup panjang. Pak Anton selalu parkir di ujung depan parkiran motor siswa, dekat pintu keluar. Sekiranya ada pencuri, motor vespa hijau itu yang paling mudah diambil.

Pak Anton menyapa ke kelas-kelas. Dari jendela, beliau memantau suasana kelas, cara guru mengajar dan cara siswa belajar. Beliau mendorong siswanya untuk aktif organisasi.

“Anies, kamu ke Jakarta ya. Ikut pelatihan Ketua OSIS se Indonesia,” kata Pak Anton. Pagi itu saya dipanggil ke ruang kepsek. Diberi surat undangan dari Kemdikbud & Disdik yang meminta sekolah kami mengirim utusan ke Jakarta. Saya duduk di kelas 1 dan dapat tugas mewakili sekolah kami. Sebelum berangkat, beliau bekali dengan nasihat. Saya ke Jakarta bawa semangat.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button