INTERNASIONAL

Irlandia akan Sanksi Boikot Ekonomi Israel

Dublin (SI Online) – Irlandia berencana untuk secara mandiri menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap negara pendudukan Israel, dengan mengumumkan bahwa mereka tidak akan menunggu Uni Eropa untuk secara sepihak menangguhkan perdagangan dengan Israel, setelah negara-negara pro-Israel menggagalkan upaya Irlandia dan Spanyol untuk bertindak untuk tujuan ini dalam kerangka blok Eropa.

Dublin sedang mempertimbangkan untuk mencegah impor makanan atau barang apa pun yang diproduksi di permukiman Israel, yang nilainya diperkirakan mencapai satu juta euro per tahun.

Irlandia bersama Slovenia, Luksemburg dan negara-negara lain merupakan poros “pro-Palestina” di Uni Eropa hampir sejak hari pertama agresi ke Gaza.

Uni Eropa merupakan mitra dagang terbesar bagi Israel, dengan volume pertukaran perdagangan di antara mereka mencapai sekitar 50 miliar dolar tahun lalu.

Karena adanya pembagian kekuasaan di Uni Eropa, semua masalah perdagangan di blok gabungan ini ditentukan oleh Komisi Eropa, setelah berkonsultasi dengan 27 negara anggota.

Selama tahun lalu, Irlandia dan Spanyol mencoba membujuk Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi kepada Israel karena perang di Gaza dan Lebanon, namun mereka menghadapi tentangan dari poros pro-Israel, yang meliputi Jerman, Austria, Republik Ceko, Hungaria, dan lain-lain.

Negara-negara Uni Eropa menyerukan pertemuan segera Dewan yang bertanggung jawab atas perjanjian kemitraan antara Uni Eropa dan Israel, yang menjadi dasar hubungan komersial, tetapi pertemuan semacam itu, yang juga tergantung pada pihak Israel, belum diadakan.

Sejak awal tahun, Irlandia dan Spanyol bersama dengan negara-negara lain telah menuntut penangguhan perjanjian kemitraan tersebut, dengan dukungan Komisaris Hubungan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, yang mengumumkan pertemuan Dewan Uni Eropa pada bulan Mei lalu, namun tidak jadi dilaksanakan, karena adanya penolakan dari negara-negara Eropa dan penolakan Israel terhadap pembahasan perjanjian tersebut.

Menteri Luar Negeri Irlandia Michael Martin mengatakan dalam pernyataan sebelumnya bahwa Irlandia dan Spanyol akan terus menekan negara-negara Uni Eropa untuk meninjau kembali hubungan dengan Israel, dan untuk menilai kembali perjanjian kemitraan antara Uni Eropa dan Tel Aviv.

Masyarakat Irlandia sedang menyaksikan gerakan luas menentang perang genosida yang dilancarkan oleh Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza, dengan banyaknya demonstrasi berkala yang diadakan di berbagai kota di Irlandia sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza.

Pidato mantan Perdana Menteri Irlandia, Leo Faradkar, yang baru-baru ini mengundurkan diri, menciptakan resonansi yang luar biasa, di mana ia mengindikasikan bahwa alasan simpati Irlandia terhadap rakyat Palestina adalah karena “rakyat Gaza menderita penderitaan yang serupa dengan yang dialami rakyat Irlandia di masa lalu.”

sumber: infopalestina

Artikel Terkait

Back to top button