INTERNASIONAL

Amerika Dukung Israel Bangun Pemukiman Ilegal Yahudi di Tepi Barat

Washington (SI Online) – Amerika Serikat secara resmi menyatakan dukungannya kepada Israel untuk membangun permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat, wilayah Palestina yang kini dicaplok Israel.

Dengan pemberian dukungan tersebut, AS berarti meninggalkan pendiriannya yang sebelumnya dipegang selama empat puluh tahun, yakni bahwa pembangunan permukiman itu “tidak sesuai dengan hukum internasional.”

Pernyataan dukungan diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Senin (18/11), yang mengatakan bahwa pernyataan-pernyataan AS soal pemukiman di Tepi Barat –yang dicaplok oleh Israel pada 1967– selama ini tidak selaras.

Pompeo mengatakan presiden AS asal Demokrat Jimmy Carter menganggap bahwa pendirian AS dulu itu tidak sejalan dengan hukum internasional. Selain itu, presiden asal Partai Republik Ronald Reagan saat itu mengatakan tidak menganggap pemukiman tersebut sebagai tindakan yang ilegal.

Pengumuman Pompeo itu mengundang pujian dari PM Netanyahu namun, pada saat yang sama, menimbulkan kecaman dari para pejabat Palestina.

“Amerika Serikat tidak punya keahlian ataupun wewenang untuk menihilkan resolusi-resolusi internasional yang sah. Amerika Serikat juga tidak punya hak untuk memberikan pembenaran apa pun bagi pemukiman oleh Israel,” kata Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dalam pernyataan.

Kepala perunding Palestina Saeb Erekat mengatakan pemerintah Trump sedang mengancam untuk “mengganti hukum internasional dengan ‘hukum rimba'”.

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close