#PSBB JakartaNASIONAL

Anies Soal Bansos: Pemprov DKI Bagikan Bansos Lebih Dulu Agar Masyarakat Miskin tidak Kekurangan Pangan

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya berinisiatif memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, untuk mencegah rakyat miskin Ibu Kota kesulitan pangan saat PSBB.

Menurut Anies, pemberian bansos tidak dimaksudkan untuk menimbulkan kesimpangsiuran atau miskoordinasi hingga ada polemik pembagian kewenangan antara Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat.

“Kami sudah menerapkan pembatasan itu sebelumnya dan rakyat akan kesulitan jika belum ada bansos sejak PSBB diberlakukan,” kata Anies dalam rapat antara Pemprov DKI dan pemerintah pusat, dikutip dari keterangan resmi Pemprov DKI pada Kamis, 7 Mei 2020.

Anies mengatakan, PSBB diberlakukan mulai Jumat, 10 April 2020. Sehari sebelumnya, pada Kamis 9 April 2020, Pemprov DKI memulai pembagian bansos dari APBD DKI sehingga masyarakat miskin Jakarta setidaknya terpenuhi kebutuhan dasarnya di awal PSBB.

“Kami, Pemprov DKI Jakarta telah membagikan bansos terlebih dulu,” ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, berdasarkan rapat dengan pusat, bansos dari pemerintah pusat, baru akan didistribusikan mulai Senin, 20 April 2020. Dengan demikian, meski bantuan lanjutan baru bisa diterima rakyat sepuluh hari sejak PSBB dimulai, masyarakat bisa tetap terpenuhi kebutuhan dasarnya dari bansos yang diberikan DKI.

“Sembako dari DKI Jakarta dikonsumsi hingga habis selama satu pekan dan keluarga yang sama pada pekan berikutnya mendapatkan bansos pangan lagi dari Kementerian Sosial. Dengan begitu mereka tidak kekurangan pangan,” ucap Anies.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button