#Banjir 2020NASIONAL

Banjir Landa Wilayah Jakarta, Anies tak Salahkan Siapapun

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak mau menyalahkan pihak manapun terkait banjir yang melanda sejumlah wilayah Ibu Kota di hari pertama tahun baru 2020.

Selain itu Pemprov DKI, kata Anies, siap untuk bertanggung jawab menanggulangi masalah banjir yang saat ini melanda Ibu Kota.

“Pemprov DKI mengambil sikap bertanggung jawab atas masalah yang sekarang muncul. Kami respon cepat, kami bantu tangani. Pada saat ini kami tidak mau nyalahkan siapapun dan apapun sekarang adalah saatnya memastikan warga selamat dan terlindungi,” kata Anies saat ditemui meninjau tanggul di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, Rabu (01/01/2020).

Menurutnya saat ini prioritas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalaj mengevakuasi masyarakat dari banjir sehingga tidak ada korban akibat hujan dengan curah tinggi yang mengguyur Jakarta sejak kemarin sore.

“Saya sampaikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI tidak ada saling menyalahkan pada fase ini. Tidak usah menyalahkan orang pada fase ini. Prioritas saat ini seluruh warga Jakarta terselamatkan,” kata Anies.

Hingga saat ini diketahui beberapa daerah masih melakukan evakuasi warga, salah satunya seperti di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Anies mengatakan sekitar 100 warga masih terjebak di rumahnya dan belum terevakuasi dari banjir yang mengepung kawasan itu.

“Tadi lebih dari 100 orang masih berada di rumahnya. Jadi kita fokus ke situ dulu. Evakuasi. Baru setelah semua selesai kita lihat apa sumber masalahnya, ” kata Anies.

Anies mengatakan, saat ini banjir tidak hanya melanda wilayah Jakarta tapi juga wilayah lainnya seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Karena itu pihaknya selain fokus pada evakuasi warga bersiap melakukan pencegahan untuk menerima lonjakan air kiriman dari Depok dan Katulampa.

“Kita harus mengantisipasi air yang datang dari pegunungan, tadi jam 09.00 WIB, Depok sudah Siaga II, di Katulampa juga posisi sudah meningkat,” katanya.

Air dari Depok perkiraan sampai jam tiga sore, lalu Katulampa sampai jam enam sore. Jadi kawasan dekat sungai sudah harus waspada. “Kita harus segera antisipasi meski hujan di Jakarta sudah reda,” kata Anies.

red: farah abdillah
sumber: ANTARA

Artikel Terkait

Back to top button