#Great March of ReturnINTERNASIONAL

Bentrok dengan Tentara Israel, 55 Warga Palestina Terluka

Gaza (SI Online) – 55 warga Palestina terluka akibat bentrokan dengan tentara Israel yang ditempatkan di perbatasan antara Jalur Gaza timur dan Israel Jumat sore 13 September 2019.

Juru bicara kementerian kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qedra mengatakan, dari 55 demonstran terluka 29 diantaranya mengalami luka tembak oleh tembakan tentara Israel di Jalur Gaza timur. Ia menambahkan bahwa dua wanita termasuk di antara para korban seperti disitir dari Xinhua, Sabtu (14/9/2019).

Sebelumnya, sekitar lima ribu demonstran berkumpul di Jalur Gaza timur mengikuti seruan dari Komisi Tertinggi the Great March of Return dan Penghancuran Pengepungan Israel, kata saksi mata dan laporan media lokal.

Para demonstran mengibarkan bendera Palestina, membakar ban, melempar batu dan bom perkusi buatan tangan ke pasukan militer Israel dan kendaraan yang ditempatkan di daerah perbatasan antara Jalur Gaza timur dan Israel.

Warga Palestina di Jalur Gaza telah melakukan aksi protes dan demonstrasi anti-Israel mingguan, yang lebih dikenal sebagai Great March of Return. Aksi ini dimulai pada akhir Maret tahun lalu, bertujuan untuk mengakhiri 13 tahun blokade Israel yang dikenakan di Jalur Gaza. Jumat kemarin merupakan pekan ke-74.

Gerakan Hamas dan beberapa faksi Palestina memimpin komisi tertinggi protes dalam upaya untuk menekan Israel agar meringankan blokade.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button