#Wabah CoronaKESEHATAN

Cara Ampuh Cegah Virus Corona Versi Ahli Kesehatan

Jakarta (SI Online) – Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur adalah salah satu cara efektif mencegah diri dari tertularnya virus corona.

Baca: Pembersihan Tangan dengan Air Mengalir Lebih Efektif Cegah Covid-19

Profesor biofisika dari Universitas Johns Hopkins, Karen Fleming, PhD mengatakan, virus corona adalah virus yang “diselimuti”, artinya dia memiliki lapisan membran lipid luar atau lapisan lemak pada bagian luar.

“Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk melarutkan lapisan lemak berminyak ini dan membunuh virusnya,” ujar Karen dikutip Forbes, Senin (2/3/2020).

Hal yang sama juga diungkap oleh spesialis pencegahan infeksi, Eli Perencevich, MD, profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa.

Menurutnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta berusaha untuk tidak menyentuh bagian wajah adalah salah satu bentuk pencegahan virus corona.

“Cobalah melatih diri untuk tidak menyentuh wajah terutama mulut dan hidung Anda,” kata Perencevich.

Perencevich juga menyarankan untuk selalu membawa cairan pembersih tangan untuk berjaga-jaga jika tidak bisa menemukan sabun dan air setelah menyentuh wajah atau permukaan lain yang mengandung kuman misalnya gagang pintu.

“Hanya karena itu (virus corona) adalah virus pernapasan, bukan berarti virus itu masuk ke tubuh Anda melalui pernapasan,” jelas Parencevich.

“Itu bisa masuk ketika tangan Anda yang terkontaminasi menyentuh mulut atau wajah Anda. Jadi, cuci tangan Anda, dan jangan menyentuh mulut atau wajah Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu,” lanjutnya.

Selain itu, Anda juga bisa melindungi diri melalui jarak, misalnya jika melihat seseorang batuk, bersin atau terlihat sakit, jauhkan diri setidaknya tiga langkah kaki darinya. Sebab sejauh itulah sebagian besar cairan (virus) akan bergerak.

Bagaimana jika sedang bepergian ke daerah terinfeksi atau memiliki imun lemah?

Jika Anda merasa memiliki kekebalan tubuh yang lemah atau berisiko tinggi terhadap komplikasi dari virus corona, maka perlu untuk berbicara dengan dokter sebelum bepergian, khususnya mendiskusikan perlu tidaknya memakai respirator medis di depan umum.

Begitu pula saat bepergian ke suatu daerah yang tertular virus corona, Anda perlu berkonsultasi petugas medis tempat Anda berada.

Meski demikian, Parencevich menegaskan, menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur adalah alat yang paling penting dan efektif untuk mencegah virus corona di mana pun berada.

sumber: ANTARA

Artikel Terkait

Back to top button