#Banjir 2020NASIONAL

Curah Hujan Tertinggi Sejak 1996, Anies: Alhamdulillah 85 Persen Wilayah Jakarta Aman

Jakarta (SI Online) – Pada 1 Januari lalu, Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dengan mengutip data BMKG menyebutkan, curah hujan yang terjadi pada Rabu, 1 Januari 2020 di Jakarta tertinggi sejak 1996. Titik hujan tertinggi ini berada di Jakarta Timur.

Disebutkan, curah hujan di kawasan Halim Perdanakusuma mencapai 377 mm/hari, sedangkan di kawasan Taman Mini mencapai 335 mm/hari. Akibatnya, wilayah DKI Jakarta terdampak banjir mencapai 15 persen.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, seluruh tim kerja penanganan air di Jakarta, bekerja secara non stop. “Alhamdulilah, 85 persen wilayah Jakarta terbebas dari genangan banjir,” ungkap Anies melalui akun media sosialnya, Senin 6 Januari 2020.

Anies juga bersyukur, ⁣sebagai Ibu Kota, kawasan pusat pemerintahan dan perekonomian aman, terbebas dari banjir. “Bundaran HI yang menjadi salah satu simbol Jakarta, juga aman, alhamdulillah,” kata dia.

Anies menjelaskan, 15 persen kawasan yang terdampak banjir, hampir semua adalah perumahan, baik di kampung maupun komplek. ⁣

Untuk menangani banjir itu, lanjut Anies, Tim Pemprov DKI bekerja all out menangani di semua kawasan. Ada 478 pompa di 176 rumah pompa yang bekerja terus menerus, ditambah dengan 122 pompa mobile dan semua mobil pemadam kebakaran, semua dikerahkan. ⁣

“Alhamdulillah, semua itu membuahkan hasil. Sore tadi tinggal tiga RW di kawasan Jakarta Barat yang masih belum surut. Pemompaan terus berlangsung dan insyaallah besok sore bisa tuntas.,” ungkapnya.

Anies lagi-lagi bersyukur, sebab hampir 100 persen wilayah Jakarta telah terbebas dari banjir. Begitu juga dengan jalan raya, kini telah 100 persen berfungsi normal.

“Terima kasih pada seluruh tim kerja dan masyarakat yang terlibat dalam proses penanganan banjir dan rehabilitasi yang sedang berjalan,” pungkasnya.

red: shodiq ramadhan

Artikel Terkait

Back to top button