#Selamatkan Al QudsINTERNASIONAL

Dijaga Ketat, Sekitar 40 Ribu Umat Islam Shalat Jumat di Al Aqsa

Al Quds (SI Online) – Puluhan ribu kaum muslimin menunaikan shalat Jumat di Masjidil Aqsha, meski beragam prosedur ketat diberlakukan pihak penjajah Israel.

Departemen wakaf Islam di Al-Quds mengungkapkan, “Sekitar 40 ribu kaum muslimin dari Al-Quds, Tepi Barat, Palestina 48 dan sejumlah negara Arab, menunaiakn shalat Jumat ini (3/1) di Masjidil Aqsha.”

Menurut sejumlah saksi mata, pasukan kepolisian Israel menerapkan prosedur militer di kota tua Al-Quds, dan di sejumlah gerbang masuk Masjidil Aqsha, kemudian menangkap sejumlah pemuda Palestina dengan dalih tidak memiliki ijin masuk.

Sejak menduduki kota Al-Quds pasca perang Arab tahun 1967, penjajah Israel mengambil kendali kota secara administratif dan keamanan. Beragam kebijakan dilakukan untuk mengubah Al-Quds menjadi kota yahudi, lewat pengubahan identitas dan pemalsuan dokumen sejarah.

Pihak Israel mempersempit kehidupan warga Palestina di kota Al-Quds termasuk membebani mereka dengan pajak tinggi, yang membuat warga sulit untuk bertahan sehingga banyak yang pindah ke wilayah Tepi Barat.

Sementara di wilayah komplek Masjidil Aqsha, pihak penjajah Israel berupaya mengambil kendali masjid dengan mengijinkan para pemukim yahudi melakukan ibadah ritual di halaman Al-Aqsha, dua kali dalam sehari, pagi dan sore, selain hari Jumat dan Sabtu.

Kebijakan ini mendapat perlawanan sengit dari kaum muslimin di kota Al-Quds yang kerap memicu bentrokan dan konfrontasi.

Serta melahirkan solidaritas dari segenap wilayah Palestina termasuk di Gaza, dengan menggelar aksi dukungan dan pembelaan terhadap kota suci Al-Quds dan Masjidil Aqsha.

sumber: infopalestina

Artikel Terkait

Back to top button