NASIONAL

DKI Jakarta Raih Harmony Award dari Kemenag

Jakarta (SI Online) – Provinsi DKI Jakarta menerima anugerah Harmony Award dari Kementerian Agama. Dari 30 pemenang, DKI Jakarta meraih juara untuk katagori Pemerintah Provinsi.

Selain DKI Jakarta, empat provinsi lainnya yang menerima penghargaan di antaranya Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Barat.

Harmony Award diberikan oleh Kemenag kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai apresiasi atas kiprah mereka dalam wewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-75 di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Selasa (05/01/2021).

Usai upacara peringatan HAB ke-75 Menag pun bersama perwakilan penerima Harmony Award menggelar pertemuan di ruang OR Lantai II Kantor Kemenag. Menag didampinggi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali.

Di hadapan penerima Harmony Award Menag Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa Gus Yaqut mengilustrasikan agama mirip sepak bola, di satu sisi ia bisa mendamaikan di sisi lain ia bisa mencerai beraikan.

“Sepak bola itu kalau bagus harmoninya, permainannya bagus, peraturannya bagus, maka permainan akan terlihat cantik dan bagus. Sebaliknya bila pemainnya gak becus, peraturannya yang ditegakkan juga gak bagus, wasitnya berat sebelah maka itu pasti tidak enak ditonton dan akan menimbulkan kericuhan,” kata Yaqut.

“Harmonisasi ini saya kira patut menjadi contoh dan harus ditularkan kepada teman-teman dan saudara kita yang lain. Tidak cukup saya kira hanya dari DKI, Kaltara, Surabaya, dan daerah lainnya sebab Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.

red: a.syakira
sumber: kemenag.go.id

Artikel Terkait

Back to top button