MAHASISWA

Dua Mahasiswa Tazkia Juara MTQ Riau

Bogor (SI Online) – Lewat dua wakilnya, Institut Tazkia kembali berhasil menjadi pemenang Musabaqah Tilatul Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau. Kedua mahasiswa yang tercatat di program Tahfiednomic Institut Tazkia Cilember, Bogor tersebut adalah Ismail Ihsan pada cabang 30 juz sebagai juara kedua, dan rekan sekampusnya Rian Asmawi pada kriteria 5 juz merebut juara ketiga.

MTQ tingkat provinsi Riau ke 38 di Kabupaten Kampar digelar selama satu minggu, tanggal 23 sampai 30 November 2019 dan diikut seluruh Hafiz dan Qori terbaik putera puteri Riau yang tersebar di beberapa kampus Indonesia, antara lain sekitar 90 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa di Institut Tazkia.

Ismail Ihsan adalah pemuda kelahiran Medan 9 Februari 2001 (18 tahun) bercita-cita mulia untuk membangun pondok hafizh Alquran di seluruh Indonesia. Adapun Rian Asmawi yang lahir di Pekanbaru 21 April 2001 (18 tahun) berharap suatu saat nanti dapat menciptakan banyak hafizh Alquran yang berakhalakul karimah dan mendukung Indonesia menuju baldatun tyoyibatun dan diridhai Allah Swt.

Direncanakan kedua mahasiswa terbaik Tahfiednomic Tazkia akan kembali ke Bogor pada Selasa 2 Desember 2019. Sehari-hari selama di kampus kedua mahasiswa tersebut disamping rajin belajar teori ekonomi dan menghafal Alquran juga dikenal pandai bergaul dengan mahasiswa lainnya serta sangat mencintai olah-raga, terutama sepak bola.

Program Tahfiednomic berpusat di Kampus ketiga Tazkia di Cilember, Bogor adalah program Strata Satu yang memadukan antara pemahaman dan pengafalan Alquran, praktek dan teori ekonomi syariah. Program ini adalah yang pertama di Indonesia dan bisa jadi di dunia karena mahasiswa/i tidak hanya menghafal Alquran 30 juz dalam 4 tahun tetapi juga harus menguasai teori dan prakatek ekonomi syariah.

Para lulusan program ini ketika kembali ke tempatnya masing-masing diharapkan dapat mendakwahkan keilmuannya di masyarakat luas. Khususnya mereka dapat berperan-serta dalam program ekonomi syariah yang sedang dicanangkan oleh pemerintah saat ini seperti pada industri halal, wisata friendly halal, keuangan syariah, perbankan, fintek dan asuransi syariah.

red: adhila

Tags
Back to top button
Close
Close