#Pemilu 2019NASIONAL

Empat dari Enam Menteri Jokowi Gagal ke Senayan, Siapa Saja?

Jakarta (SI Online) – Pada Pemilihan Legislatif 2019 ini, enam Menteri Jokowi ikut mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI. Dari enam orang itu, tiga dari PKB, dua dari PDIP dan satu dari PPP.

Menteri dari PKB adalah Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo.

Dua menteri PDI-P yang ikut nyaleg adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly.

Satu menteri lainnya adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Lalu, apakah keenamnya lolos ke Senayan?. Tidak.

Dihimpun dari berbagai sumber, dari enam menteri yang nyaleg itu yang optimis lolos ke Senayan hanya dua orang. Dua-duanya dari PDIP. Puan Maharani dari Dapil Jateng V dan Yasonna dari Dapil Sumut I.

Puan, puteri Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, telah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Dapil Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

“Kan saya sudah hampir tiga kali jadi caleg di dapil tersebut, ya alhamdulillah mungkin masyarakat di sana sudah cukup mengenal saya. Terima kasih sudah memilih saya,” kata Puan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Sementara Yasonna yang maju di dapil Sumatera Utara I mengatakan, berdasarkan penghitungan suara sementara ia sudah mengantongi lebih dari 100.000 suara. Suara itu diyakini sudah cukup untuk mengantarnya ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

“Ya sofar so good. Sudah diprediksi lah kira-kira begitu. Sudah lolos lah,” kata Yasonna saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Empat menteri lainnya, terpaksa harus gigit jari. Hanif Dakhiri dari Dapil Jabar VI, Imam Nahrawi dari Dapil Jakarta I, Eko Putro Sandjojo dari Dapil Bengkulu, dan Lukman Hakim Saifuddin dari Dapil Jabar VI nampaknya suara yang dikumpulkan tidak memungkinkan membewa keempatnya ke Senayan.

Sekjen PPP Arsul Sani membenarkan bahwa partainya kemungkinan tidak mendapatkan kursi di daerah pemilihan Jawa Barat VI yang meliputi kota Depok dan Bekasi.

“Saya belum tahu posisi terakhir, tapi sepertinya PPP tidak dapat kursi di dapil kota Bekasi, kota Depok,” kata Arsul kepada Kompas.com, Selasa (7/5/2019).

Wakil Sekjen PKB Ahmad Iman juga membenarkan bahwa tiga menteri dari partainya terancam tak lolos ke Senayan.

Penghitungan suara sementara ini menunjukkan suara Hanif Dhakiri (Dapil Jabar VI), Imam Nahrawi (Dapil DKI 1) dan Eko Putro Sandjojo (Dapil Bengkulu) masih belum memungkinkan untuk membawa mereka menjadi wakil rakyat.

“Berdasarkan hitungan dari KPU mereka tidak lolos. Tapi itu sementara dan masih ada peluang,” kata dia.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button