#Tolak RUU HIPNASIONAL

Fadli Zon: RUU HIP Itu Bermasalah, Dicabut Saja

Jakarta (SI Online) – Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengusulkan agar Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dicabut dari program legislasi nasional (Prolegnas).

Alasannya, RUU tersebut tidak dibutuhkan, karena ideologi Pancasila sudah final.

“RUU HIP itu memang tidak dibutuhkan. Harusnya sudah dicabut saja, itu RUU bermasalah,” ujar Fadli di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Anggota Fraksi Gerindra itu juga beralasan, RUU HIP menerima banyak penolakan dari banyak pihak. Itu dinilainya justru merugikan DPR, karena akan dianggap tak lagi mewakili masyarakat.

“DPR itu representasi rakyat, kalau masyarakat pada umumnya menginginkan ini dikeluarkan harusnya dikeluarkan dan apalagi ini menimbulkan gejolak,” ujar mantan Wakil Ketua DPR itu.

Selain itu, Waketum Partai Gerindra ini berpendapat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebaiknya dibubarkan. Karena perannya tumpang tindih dengan dengan MPR RI sebagai pihak yang melakukan sosialisasi empat pilar.

“BPIP itu menurut saya lembaga tidak penting, seharusnya dibubarkan saja. BPIP hanya redundant, buang-buang uang, buang-buang resources, dan tumpang tindih,” ujar Fadli.

red: farah abdillah

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close