#Banjir 2020DAERAH

FPI Bersihkan Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang Sukabumi

Sukabumi (SI Online) – Front Pembela Islam (FPI) langsung menurunkan relawannya sejak hari pertama bencana banjir bandang di Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

“Pas dapat info kejadian kita langsung ke lokasi, di hari H kita kerahkan 25 orang relawan, namun saat ini bertambah totalnya sekitar 100 orang relawan dan dibagi dua posko di lokasi bencana yang berbeda,” ujar Pimpinan FPI Bogor Habib Iye al Jufri kepada Suara Islam Online di lokasi bencana, Kamis (24/9/2020).

Sejak hari pertama, relawan FPI fokus membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak dan menyalurkan bantuan sembako. “Jadi kita fokus dulu membersihkan rumah-rumah warga karena sarana lain seperti jalan sudah banyak petugas pemerintah termasuk relawan dari organisasi lain dan itu memerlukan alat berat,” jelasnya.

Menurut Habib Iye, rumah-rumah warga yang terdampak itu kemasukan lumpur yang sangat banyak, karenanya perlu dikerahkan banyak relawan untuk menanganinya. “Dan target kita sampai selesai karena masih ada rumah-rumah warga yang belum bersih dari lumpur,” tandasnya.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang menerjang sejumlah wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, usai diguyur hujan hampir selama dua jam, Senin (21/9/2020).

Sebanyak 12 desa di tiga Kecamatan Kabupaten Sukabumi terdampak banjir bandang luapan Sungai Citarik-Cipeuncit. Akibat kejadian itu, ratusan rumah mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga berat.

red: adhila

Artikel Terkait

Back to top button