NASIONAL

Gubernur Anies: Fasilitas Transportasi Harus Ramah Disabilitas, Lansia dan Ibu Pembawa Balita

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan integrasi Halte TransJakarta CSW dengan Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) ASEAN, di Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Januari 2020.

Hal itu dilakukan karena Gubernur melihat Halte dan Stasiun saling berdekatan tapi tidak terhubung satu sama lain. Ini terjadi karena pada awalnya kedua moda transportasi tersebut di masa sebelumnya memang tidak dirancang bersatu.

Gubernur Anies Baswedan terus berupaya agar semua transportasi di Jakarta saling terintegrasi, termasuk Halte CSW dan Stasiun ASEAN.

“Saat ini Pengguna TransJakarta CSW masih kesulitan untuk berpindah ke Stasiun MRT begitu juga sebaliknya,” ujar Anies.

Dalam mengintegrasikan transportasi, Gubernur yang dikenal memiliki senyum tulus tersebut mengatakan aspek paling penting adalah harus ramah pada tiga prioritas: pengguna disabilitas, lansia, dan ibu yang membawa balita.

“Jika fasilitas transportasi ramah terhadap tiga prioritas itu, maka akan ramah pada semua pengguna,” jelasnya.

Anies mengatakan, saat penumpang memasuki peron MRT Stasiun ASEAN maka dapat melihat Halte CSW dengan jelas. Namun untuk menjangkaunya dapat dikatakan sulit. Terlebih untuk mencapai halte yang masih terpisah tersebut pengguna trans Jakarta harus menaiki 117 anak tangga.

“Ini sama dengan bangunan tujuh lantai, maka nanti untuk memudahkan, akan dibangun eskalator, dan integrasi akan memudahkan perpindahan dari halte menuju stasiun begitu sebaliknya,” pungkas Anies.

Direktur Utama PT Trans Jakarta (TJ) Agung Wicaksono menyebutkan menurut studi kelayakan, data pengguna halte Trans Jakarta CSW adalah 30 ribu orang/hari, dan pengguna MRT 95 ribu orang/harii. Namun yang menggunakan stasiun MRT ASEAN baru sekitar 2.500 orang.

Diharapkan nanti setelah pembangunan integrasi selesai pada Agustus 2020 jumlahnya akan menyamai stasiun MRT Blok M sekitar delapan ribu orang.

red: shodiq ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close