NASIONAL

HNW Kembali Tegaskan Posisi PKS untuk Awasi Pemerintahan

Jakarta (SI Online) – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) bersyukur PKS bisa terus menggelar Ngaji Budaya kali ini dengan Pagelaran Wayang dengan lakon “Wisanggeni Gugat” bersama Ki Warseno Slank.

Hidayat menyebutkan PKS ingin melanjutkan tradisi yang dahulu dilakukan para wali yakni ngaji sekaligus kebudayaan yang mencerahkan. “Ini membuktikan Islam agama yang membawa kerahmatan. PKS sebagai partai Islam ikut membawa kerahmatan. Ini membuktikan PKS bagian tak terpisahkan dari Indonesia,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini di halaman kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (27/10/2019).

Hidayat menyebut lakon yang dibawakan saat ini “Wisanggeni Gugat” menunjukkan bagaimana kondisi perpolitikan nasional saat ini. PKS sebagai bagian dari demokrasi ingin menjaga marwah demokrasi dengan memainkan peran mengawasi pemerintahan.

“Demokrasi yang baik adalah yang menghadirkan kesempatan untuk cek and balances. Ada pihak yang menang silahkan memimpin, yang belum menang silahkan mengawasi. Kami di PKS diberikan keleluasaan pada posisi ini untuk tetap menjaga marwah dan jatidiri demokrasi,” papar dia.

Pria asal Klaten, Jawa Tengah ini juga menuturkan, fungsi parpol selain sebagai kekuatan untuk mengawasi pemerintahan adalah ikut mengurusbudaya di masyarakat dikukuhkan. Salah satunya dengan pagelaran wayang yang digelar DPP PKS.

“Politik bukan berebut jabatan, bukan dari Pilkada ke Pilkada, dari Pilpres ke Pilres tapi gerak sepanjang waktu untuk meningkatkan kualitas kemanusiaan melalui budaya. Dan wayang adalah kebudayaan adiluhung yang luar biasa,” ungkap Hidayat.

red: adhila

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close