#Tragedi KM50NASIONAL

HRS Tolak Pernyataan Amien Rais Soal Tidak Terlibatnya TNI-Polri Secara Kelembagaan dalam Tragedi KM50

Jakarta (SI Online) – Pernyataan Ketua Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Enam Laskar FPI, HM Amien Rais, yang menyebutkan jika TNI dan Polri secara kelembagaan tidak terlibat dalam skenario pelanggaran HAM Berat tragedi KM50 dikritik Habib Rizieq Syihab.

Amien Rais menyampaikan pendapatnya itu saat TP3 meluncurkan “Buku Putih Pelanggaran HAM Berat Pembunuhan Enam Pengawal HRS” secara daring pada Rabu, 7 Juli 2021 lalu.

“Setelah membaca dengan baik buku putih ini, secara kelembagaan, ini penting, Polri dan TNI sama sekali tidak terlibat dalam skenario maupun implementasi dari pelanggaran HAM berat itu. Alhamdulillah kita bersyukur,” kata Amien.

Baca juga: Amien Rais: Secara Kelembagaan Polri-TNI Tidak Terlibat Skenario Pelanggaran HAM Berat KM50

Habib Rizieq, seperti disampaikan anggota kuasa hukumnya, Aziz Yanuar, Senin, 19 Juli 2021, menyebut pernyataan mantan Ketua MPR RI itu terlalu prematur, blunder, bumerang, sekaligus kontraproduktif.

Pernyataan disebut prematur, karena hal itu urusan nanti saat pembuktian di Pengadilan HAM. Kemudian disebut bluber, karena dinilai merugikan tim dan korban serta keluarganya, sebaliknya melah menguntungkan pihak lawan.

“Pernyataan Amien Rais jadi bumerang bagi TP3, karena Amien Rais ada dalam Tim TP3 dan pernyataan tersebut bisa menguatkan skenario rezim via polisi bahwa Tragedi KM 50 hanya pelanggaran kriminal biasa,” ungkap Habib Rizieq seperti dilansir Aziz.

Habib Rizieq juga menyebut pernyataan Amien kontraproduktif sehingga jadi celah dimanfaatkan lawan. Akibatnya rezim melalui Menko Polhukam Mahfud MD langsung kesenangan dengan pernyataan Amien Rais tersebut;

“Selama ada dugaan kuat keterlibatan sejumlah jenderal dan dilakukan secara sistematis dengan garis hierarki komando dan melibatkan beberapa institusi seperti TNI dan Polri serta BIN, maka dugaan kemungkinan keterlibatan institusi sangat besar, sekurangnya ada abuse of power dalam institusi TNI dan Polri serta BIN,” kata Habib.

Karenanya, Habib Rizieq menolak keras pernyataan Amien Rais demi tegaknya keadilan bagi para korban pembantaian KM50 dan keluarganya.

Namun ia mengaku tetap mendukung dan mengapresiasi kerja keras TP3 untuk menyeret semua yang terlibat Pembantaian KM50 tanpa terkecuali ke Pengadilan HAM Nasional maupun Internasional.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button