DAERAH

Inilah Tiga Pimpinan Baru Pondok Modern Gontor

Gontor (SI Online) – Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa Timur akhirnya memiliki tiga pimpinan lagi. Tiga orang penerus pemimpin pondok ini ditetapkan setelah dua orang pimpinan wafat.

KH Syamsul Hadi Abdan wafat pada pertengahan tahun ini. Sedangkan KH Abdullah Syukri Zarkaysi wafat pada Rabu, 21 Oktober lalu. Otomatis pimpinan pondok tinggal satu, yakni KH Hasan Abdullah Sahal.

Tak ingin terbawa kesedihan berlarur-larut, setelah jenazah Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi dimakamkan pada Kamis (22/10), Badan Wakaf PMDG segera menggelar sidang luar biasa. Sidang diikuti 12 orang Anggota, dengan empat orang hadir secara fisik dan delapan lainnya secara virtual.

Baca juga: Innalillahi, Pimpinan Pesantren Modern Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Hasil musyawarah itu lalu diumumkan usai Shalat Jumat, 23 Oktober 2020 di Masjid Jami’ PMDG oleh KH Abdullah Said Baharmus, Lc.

“Pimpinan boleh meninggal, tapi pondok harus tetap hidup,” ungkap Kiai Abdullah Said.

Diumumkan, pimpinan PMDG yang baru untuk periode 1442-1447 / 2020-2025 adalah KH Hasan Abdullah Sahal, Drs. KH Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed., dan Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi, MA.

KH Hasan Abdullah Sahal yang memimpin shalat Jumat, juga memberikan sambutan. Kiai Hasa mengingatkan, meskipun pondok sekarang dalam keadaan berkabung, tapi tidak boleh terus berkepanjangan dalam kesedihan.

“Saya ingatkan kembali, setiap kita ditanggapi oleh seseorang dari kerabat kita, kita boleh menangis, tapi tidak boleh menangisi, apalagi menangiskan,” kata Kiai Hasan.

Pelantikan atas tiga pimpinan pondok yang baru disaksikan oleh seluruh jamaah shalat Jumat di Masjid Jami PMDG, Dewan Guru KMI serta para santri. Hadir pula salah satu Anggota Badan Wakaf PMDG yakni Prof. Din Syamsuddin.

red: shodiq ramadhan
sumber: gontor.ac.id

Back to top button