TELADAN

Kehebatan Umar Bukan Pencitraan

Presiden Jokowi kembali disebut mirip dengan sosok sahabat Umar bin Khattab ra. Hal ini dikatakan oleh politikus PDIP Arteria Dahlan menanggapi aksi blusukan Presiden Jokowi, yang membagikan sembako di malam hari di perkampungan Sempur, Bogor.

Menurutnya, aksi blusukan presiden tersebut tidak perlu dikritik. Aksi blusukan presiden itu merupakan gaya khas kepemimpinan yang sudah lama melekat dan mirip dengan gaya kepemimpinan sahabat Nabi Muhammad Saw., Umar bin Khattab. (kumparan.com, 1/5/2020).

Sebelumnya ramai di linimasa aksi blusukan Presiden Jokowi membagikan sembako di malam hari di tengah wabah menuai kritik, karena dinilai hanya pencitraan saja.

Dua kali dikatakan mirip dengan Umar bin Khattab karena kedekatannya dengan rakyat. Membuat kita perlu mengenal Umar bin Khattab lebih dekat. Benarkah sosok sahabat yang satu ini hanya terkenal kehebatannya karena aksi blusukannya saja?

Umar Al-Faruq merupakan salah satu sahabat Rasulullah Saw yang mulia. Rasulullah Saw. pernah mengharapkan kemuliaan Islam dari Umar ra. Dalam salah satu riwayat, Nabi Saw. bersabda, “Ya Allah, ini adalah Umar bin Khattab. Ya Allah, muliakan Islam dengan Umar bin Khattab.” Dalam riwayat lain Nabi Saw bersabda, “Ya Allah, kuatkanlah Islam dengan Umar.”

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah kehebatan Amirul Mukminin Umar bin Khattab ra. yang membuat kita takjub dan perlu kita teladani, antara lain:

Pertama, Khalifah Umar bin Khattab ra. merupakan pembela Islam sejati. Rasulullah Saw. bersabda, “Umatku yang paling penyayang adalah Abu Bakar dan yang paling tegas dalam menegakkan agama Allah adalah Umar.” (HR. Tirmidzi).

Khalifah Umar ra. merupakan sahabat pilihan yang mencintai Allah SWT dan dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah Saw bersabda, “Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah satu di antara kedua orang yang paling Engkau cintai, yaitu Abu Jahal bin Hisyam atau Umar bin Al-Khaththab. (HR at-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Imam Ahmad).

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close