IBADAH

Kemuliaan dan Kekuatan Itu Ada pada Sujud

Andai kita semua tau bahwa dibalik sujud terdapat kekuatan yang maha dasyat, niscaya tidak akan pernah kepala itu diangkat dari tempat sujudnya.

Sujud adalah lambang ketundukan hamba di hadapan Sang Khaliq. Satu pengakuan secara empirik tentang kebodohan dan kelemahan dirinya. Bahwa sepenuh ilmu yang dipunyai tak lebih dari setitik air di samudera ilmu Al-Alim (Maha Mengetahui). Sujud ialah standar kemuliaan agama dan ketinggian ilmu seseorang. Kian banyak bersujud makin tinggi derajat orang tersebut. Makin santun dan rendah hatinya tambah mulia pula kedudukan dirinya di sisi-Nya.

Semakin seorang hamba menunjukkan kehinaan dan kerendahannya maka semakin disukai oleh Allah. Inilah rahasia kenapa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Kondisi hamba paling dekat dengan Robbnya adalah tatkala ia sedang sujud, maka perbanyaklah doa” (HR Muslim no 482)

Juga sabda Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam :

فَأَمَّا الرُّكُوْعُ فَعَظِّمُوا فِيْهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ وَأَمَّا السُّجُوْدُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

“Adapun ruku’ maka agungkanlah Allah padanya, dan adapun sujud maka bersungguh-sungguhlah tatkala berdoa, karena lebih mustajab dikabulkan bagi kalian” (HR Muslim no 479)

Kita juga pasti akan menyadari betapa sujud itu sungguh mengandung sesuatu yang besar. Berbagai masalah dan kesedihan akan terabadikan dalam lantunan doa ketika sujud, maka wajarlah saat usai sujud hati dan kesegaran fisik bertambah, karena Allah Ta’ala berikan kekuatan ruhiah yang tidak akan didapati ditempat dan waktu selain dari sujud.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَسْجُدُ للهَ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةً

Seseorang muslim yang bersujud kepada Allah satu kali saja, maka Allah akan mengangkat derajatnya dan akan menghilangkan kejelekan darinya” (HR. Ibnu Majah)

إِنَّ أَقْرَبَ مَا يَكُوْنُ العَبْدُ إِلَى اللهِ أَنْ يَكُوْنَ سَاجِدًا

“Sesungguhnya sesuatu yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Allah ada sujud” (HR. Muslim)

Ada yang merasa letih dan butuh rehat? Nabi memberi saran, dirikanlah shalat dan bersegeralah sujud kepada-Nya. Itu dikatakan Nabi kala menyuruh Bilal: Arihna bis shalah (Istirahatkan kami dengan shalat). Bahkan yang bertanya, bagaimana cara mudah masuk surga? Jawabannya, perbanyak sujudmu kepada-Nya di waktu malam. Inilah yang dipesankan Rasulullah kepada Abdullah bin Umar (semoga Allah meridhoinya dan ayahnya).

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Artikel Terkait

Back to top button