#Tragedi KM50NASIONAL

Komnas HAM Serahkan Rekomendasi Soal Kematian Laskar FPI ke Presiden

Jakarta (SI Online) – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menyerahkan laporan hasil investigasi penembakan yang menewaskan enam anggota Laskar FPI kepada Presiden Joko Widodo. Komnas HAM juga menyertakan barang bukti dalam penyerahan itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Januari 2021.

“Alhamdulillah tadi jam 10 pagi kami bertujuh, seluruh komisioner Komnas HAM, diterima Bapak Presiden untuk menyampaikan laporan lengkap 106 halaman lebih dengan dokumen-dokumen tambahan, termasuk barang-barang bukti yang melengkapi laporan kami,” kata Damanik.

Damanik menjelaskan, Komnas HAM sejak lama sudah mewanti-wanti masih adanya ancaman kekerasan di ruang politik atau demokrasi di Indonesia. Salah satunya adalah peristiwa penembakan di Jalan Tol Cikampek tersebut.

“Jadi apa yang terjadi pada 7 Desember lalu sebetulnya adalah suatu rangkaian panjang di mana politik kekerasan sudah mulai menghantui atau membayangi demokrasi kita,” ujarnya.

Terkait penyerahan laporan ini, Presiden Joko Widodo disebut mengapresiasi kerja Komnas HAM. Presiden Jokowi, kata Damanik, akan memberikan arahan kepada Kapolri untuk menindaklanjuti laporan ini.

“Tadi beliau menyampaikan sangat mengapresiasi kerja keras Komnas HAM, juga mengapresiasi kesimpulan yang dibuat oleh Komnas HAM,” kata Damanik.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button