#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Lockdown Kota Wuhan Dicabut

Jakarta (SI Online) – Pemerintah China hari ini mencabut status “lockdown” atas Kota Wuhan, yang menjadi awal pandemi virus corona (COVID-19). Kota Wuhan dilockdown selama 76 hari.

Menurut stasiun berita CNN, walau perbatasan sudah dibuka, pihak berwenang setempat masih memberlakukan sejumlah pembatasan di Kota Wuhan.

Bahkan ancaman penularan baru masih bisa terjadi walau jumlah kasusnya sudah menurun drastis dalam beberapa hari terakhir.

Kota berpenduduk 11 juta jiwa itu menjadi awal penularan virus corona, yang akhirnya menjadi wabah di seluruh dunia. Wuhan terpaksa di-lockdown sejak 23 Januari lalu sebagai cara menekan penularan yang leibih luas lagi.

Setelah status lockdown dicabut, warga maupun pengunjung yang sehat diperbolehkan meninggalkan ibu kota Provinsi Hubei tersebut. Penerbangan dan kereta api, yang selama masa lockdown ditutup, akhirnya kembali beroperasi.

Pihak pengelola jasa kereta api Wuhan memperkirakan lebih dari 55 ribu orang akan meninggalkan kota tersebut dengan kereta. Seorang warga pun tidak kuasa menyembunyikan kegembiraannya bisa meninggalkan Wuhan.

“Wuhan kehilangan begitu banyak selama wabah corona dan masyarakat menerima pukulan yang besar,” kata seorang pemuda berusia 21 tahun bernama Yao, kepada stasiun berita Channel News Asia.

“Kini lockdown sudah dicabut. Menurut saya kita semua sangat senang,” lanjut Yao, yang kini akan kembali bekerja di suatu restoran di Kota Shanghai. []

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close