#Wabah CoronaNASIONAL

Luhut: Kami Kerja, Kami Juga Punya Otak

Jakarta (SI Online) – Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan secara terbuka mengeluarkan pernyataan cukup keras dalam konferensi pers virtual terkait penanganan Covid-19 di delapan provinsi pada Jumat sore, 18 September 2020.

Kalimat itu ditujukkan Luhut kepada sejumlah pihak yang acap kali bersuara lantang mengkritik upaya penanganan Covid-19 yang telah dijalankan pemerintah selama satu semester terakhir.

“Saya sekali ngomong mungkin agak terlalu keras, jangan terlalu nyiyir kalau tidak mengerti masalah kalau perlu datang tanya sama kami. Kami kerja kok. Kami juga punya otak, punya kekuatan dan tim yang bagus. Jadi, tidak usah merasa bahwa ini tidak bisa, Anda belum pernah dipekerjakan jadi tidak usah berkomentar kalalu belum paham,” kata Luhut seperti dilansir Bisnis.com.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut menyoroti urgensi peningkatan manajemen rumah sakit khususnya terkait penanganan bagi pasien positif Covid-19 yang berada di ruang ICU. Luhut beralasan angka kematian pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sempat dirawat di ruang ICU terbilang tinggi .

Dengan demikian, dia mengatakan, pihaknya tengah berupaya untuk meningkatkan manajemen penanganan di Ruang ICU, pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), obat, peralatan dan metode terapi terkait peningkatan penanganan tersebut.

“Nanti malam kami akan ada Vidcal dengan Kemenkes karena mereka sedang menyiapkan kolaborasi dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada bagaimana menangani di ICU karena tingkat kematian yang tinggi itu ada di ICU,” kata Luhut.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button