#PSBB Jakarta

Pengamat Apresiasi Anies Soal Cara Distribusi Sembako di Jakarta

Jakarta (SI Online) – Langkah Gubernur DKI Anies Baswedan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat 10 April 2020 mendapatkanapresiasi karena sebagai kepala daerah sudah bergerak cepat jelang pembelakukan PSBB.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai cara Anies terkait menentukan mekanisme pendistribusian bantuan langsung ke rumah warga Ibu Kota yang terdampak Covid-19 sudah benar.

“Saya apresiasi kebijakan Gubernur Anies yang punya mekanisme pendistribusian bantuan sembako dan diantar langsung ke rumah masyarakat. Karena bantuan ini bukan uang tunai yang diambil oleh penerima,” ujar Qodari, di Jakarta, Kamis 9 April 2020 seperti dilansir Vivanews.com

Dia menyebut langkah Anies yang membagikan mulai per Kamis hari ini, 9 April 2020 sudah sesuai dengan kebutuhan rakyat. Ia mengingatkan Covid-19 ini berdampak terhadap rakyat yang punya penghasilan harian atau pendapatan kecil.

Menurutnya, cara Anies yang melibatkan aparat TNI serta kepolisian setidaknya memberikan rasa aman kepada warga. Diharapkan bantuan sampai ke warga yang berhak menerima bantuan.

“Mekanisme ini memastikan ketersediaan pangan bagi penerima, tidak dibelikan barang yang lain. Distribusi ini juga tetap memegang prinsip physical distancing,” jelas Qodari.

Qodari menambahkan, dengan mekanisme ala Anies juga sudah memetakan warganya yang tinggal di kawasan pemukiman padat. Pun, kebijakan tersebut saat PSBB nanti diyakini tetap membuat alur ekonomi, rantai makanan, kehidupan akan tetap berputar. Daerah lain diharapkan mengikuti cara Anies. “Semoga menjadi teladan bagi daerah lain,” ujar Qadari.

Anies sebelumnya menyampaikan bahwa mekanisme pembagian sembako untuk warga Ibu Kota yang terdampak dilakukan mulai Kamis, 9 April 2020. Bantuan ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Mentan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan bantuan sembako penting mengingat kondisi perekonomian terutama yang dialami sebagian warga Ibu Kota menurun akibat wabah Covid-19.

“Kamis lusa akan mulai memfasilitasi distribusi sembako kepada masyarakat di kawasan-kawasan padat dan masyarakat yang memiliki kebutuhan,” kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa, 7 April 2020.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button