#Pilpres 2019NASIONAL

Pesan Istri Gus Dur ke Sandi: Pemimpin Harus Amanah

Jakarta (SI Online) – Istri mendiang Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah menilai, menjadi pemimpin bukan perkara mudah.

Ia mengingatkan bakal calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno, menjadi pemimpin harus amanah pada masyarakat.

Menurut dia, sifat amanah adalah syarat mutlak bagi pemimpin. “Pemimpin harus amanah terhadap masyarakatnya,” kata dia di kediaman keluarga Gus Dur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (10/9/2018).

Selain itu, Sinta mengatakan, Sandiaga harus bisa menjaga keberagaman Indonesia yang merupakan negara dengan masyarakat majemuk. Ia berharap, Sandiaga bisa menjaga keutuhan dari bangsa dan negara.

Menurut dia, untuk menjadi pemimpin bukanlah pekerjaan mudah. Karena itu, ia menilai kedatangan Sandiaga sebagai suatu yang positif untuk mempelajari cara menjadi pemimpin.

“Sangat berat, sangat sulit. Karena itu, beliau juga mencari banyak sangu (masukan) dari yang tua-tua bagaimana caranya mengatur negara dan sebagainya agar bisa membangun masyarakat yang sejahtera, rukun, damai, dan bisa tetap menjadi satu kesatuan negara republik indonesia,” ujar dia.

Ia mengapresiasi kedatangan Sandiaga yang masih mau bersilaturahim kepada keluarga Gus Dur. “Artinya Pak Sandi kepada yang tua-tua masih menghormati. Jadi sowan kepada yang tua,” kata dia.

Menurut Sinta, silaturahim adalah kebiasaan yang selalu dilakukan oleh mendiang suaminya. Pasalnya, silatirahim memiliki manfaatnya banyak sekali untuk menjalin komunikasi dengan setiap kalangan masyarakat.

Sandiaga Uno menilai, Gus Dur sebagai sosok perekat bangsa. Ia bahkan dititipkan pesan untuk menjaga nilai toleransi dan keberagaman bangsa oleh keluarga Gus Dur.

Sandiaga mengatakan, dari generasi ke generasi, kekuarga Gus Dur selalu menjaga persatuan bangsa. Menurut dia, nilai-nilai itu akan dipegang sebagai bakal cawapres.

“KH Hasim Asyari, KH Wahid Hasyim, KH Gus Dur, sekarang ada di Mba Yenny sebagai perekat bangsa, sebagai bapak dan ibu keberagaman kita dan terus menjaga toleransi bangsa,” kata dia.

sumber: republika online

Artikel Terkait

Back to top button