NASIONAL

RUU HIP Ditolak Rakyat se-Indonesia, PDIP Copot Rieke Diah Pitaloka dari Pimpinan Baleg

Jakarta (SI Online)- Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membenarkan kabar pencopotan Rieke Diah Pitaloka dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Baleg DPR.

Rieke juga merupakan Ketua Panitia Kerja (Panja) Penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Badan Legislasi (Baleg) yang saat ini ditolak oleh rakyat Indonesia.

Anggota Baleg dari Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan perihal kabar pergantian pemeran Oneng itu di struktur pimpinan Baleg.

Baca juga: Ketua Panja RUU HIP Bukan Ribka Tjiptaning, tapi Rieke Diah Pitaloka

“Betul,” kata Hendrawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/7/2020), seperti dikutip Okezone.com.

Anggota Komisi XI DPR itu juga membenarkan bahwa yang menggantikan posisi Rieke di pimpinan Baleg adalah Nurdin yang merupakan anggota Komisi III DPR. Tapi, soal alasan penggantian Rieke, Hendrawan menyarankan untuk menanyakan langsung kepada pimpinan Fraksi PDIP.

“Iya Pak Nurdin yang di Komisi III. (Alasan pergantian) Tolong tanya Pimpinan Fraksi,” tandas Hendrawan.

Sebelumnya, berdasarkan sumber di internal Fraksi PDIP membenarkan kabar pergantian Rieke di pimpinan Baleg DPR. Rieke digantikan oleh Nurdin, bahkan pada rapat internal pagi ini 8 Juli sudah dipimpin oleh Nurdin.

“Iya, diganti Kolonel Nurdin. Tadi pagi rapat sudah dipimpin oleh pimpinan baru,” katanya.

Anggota Fraksi PDIP itu menjelaskan bahwa alasan pergantian itu tidak terkait isu apapun, melainkan rotasi di internal fraksi yang lumrah dilakukan. Soal kapan waktu pergantiannya, dia mengaku kurang tahu karena itu urusan pimpinan fraksi.

Red: farah abdillah

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close