#Banjir 2020DAERAH

Surabaya Banjir Parah, Anggota DPRD: Perencanaan Penanganan Banjir tidak Benar

Surabaya (SI Online) – Banjir parah yang melanda Surabaya pada Jumat malam (31/01/2020) membuat warga mengeluh. Mereka mengirimkan fot0-foto dan video banjir ke Anggota DPRD Surabaya.

“Telepon seluler saya semalam berdering terus. Warga kirim foto dan video melaporkan banjir parah di dearahnya masing-masing,” ujar Anggota DPRD Surabaya M Machmud kepada wartawan di Surabaya, Sabtu 1/2/2020 seperti dilansir ANTARA.

Anggota Dewan dari Dapil Surabaya V itu mengungkapkan, banjir semalam –seperti dilaporkan warga melalui foto dan video yang masuk di telepon selulernya– tidak hanya terjadi di pinggiran kota.

“Jalan Ahmad Yani Surabaya juga banjir. Bahkan di kawasan perkampungan Ketintang genangan tadi malam masuk ke rumah-rumah warga,” katanya.

Machmud menilai ada yang salah dari penanganan banjir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dia mengakui, selama ini DPRD Kota Surabaya selalu menyetujui peningkatan anggaran untuk penanganan banjir setiap tahun, realisasinya banjir juga terus meningkat di tiap musim hujan.

Machmud mencontohkan ketika Pemkot Surabaya mengajukan anggaran untuk penanganan banjir di suatu titik, biasanya kemudian terjadi banjir parah di titik yang lain.

“Ini menujukkan perencanaan penanganan banjir yang dilakukan Pemkot Surabaya tidak benar. Gak pinter itu orang-orang di bagian perencanaan kota,” ucap mantan jurnalis yang sempat menjadi pimpinan redaksi salah satu koran di Surabaya itu.

Machmud berharap kinerja Pemkot Surabaya benar-benar didasarkan pada perencanaan yang matang.

“Kalau terjadi banjir seperti tadi malam kan kelihatan kinerja Pemkot Surabaya yang sesungguhnya. Kasihan warga,” ujar Anggota Fraksi Demokrat itu.

Banjir di Surabaya, Jumat malam (31/1/2020) [foto: ANTARA]

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kota Surabaya, pada Jumat malam, mengakibatkan kota ini dikepung genangan akibat sejumlah wilayah terendam banjir.

Wilayah yang terendam banjir di Kota Pahlawan di antaranya Bukit Mas, Ketintang, Dukuh Kupang, Jalan Ahmad Yani atau depan Graha Pena, Kertajaya, kawasan Kodam V /Brawijaya dan lainnya.

red: farah abdillah

Artikel Terkait

Back to top button