NUIM HIDAYAT

1001 Peradaban Islam yang Mempesona

  1. Dari abad 7 hingga abad 17, ketika Barat mengalami masa The Dark Ages (Zaman Kegelapan), kaum Muslim mengalami masa kegemilangan. Kaum Muslim membuat inovasi-inovasi yang mempesona yang masih menyentuh kehidupan hingga kini
  2. Mereka yang hidup di dunia Muslim zaman itu memperhatikan penemuan orang-orang Mesir, Tiongkok, India, Yunani dan Romawi, dan mereka menambahkan gagasan serta mengembangkan penemuan-penemuan baru.
  3. Para penjelajah Muslim menggambar peta lengkap dan rinci, termasuk peta awal yang menunjukkan Amerika menyeberangi samudera luas dan membawa Jerapah ke Tiongkok untuk pertama kali.
  4. Para insinyur di dunia Muslim menciptakan mesin-mesin menarik, termasuk jam Gajah mekanik yang digerakkan bola-bola logam yang jatuh dan dikendalikan oleh sistem air tersembunyi
  5. Jenis makanan baru yang diperkenalkan pada masa itu seperti apricot, jeruk dan beras menyebar ke seantero dunia. Para petani menggunakan pompa untuk mengairi ladang, serta kincir angin untuk menggiling hasil panen
  6. Buku-buku berbahasa Arab diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Penyebaran ilmu tersebut membantu memicu kemajuan baru di Eropa
  7. Seorang perempuan bernama Fathimah al Fihri mendirikan universitas yang pertama di dunia, yang hingga kini masih aktif.
  8. Dokter menyembuhkan beragam jenis penyakit, memperbaiki kaki patah, mengoperasi mata dan menutup luka dengan menggunakan benang jahit bedah dari usus hewan
  9. Para arsitek membangun kubah-kubah yang lebih besar daripada sebelumnya dan menciptakan desain khusus untuk pelengkung dan pola ubin
  10. Para ahli astronomi memetakan dan memberikan nama bintang-bintang yang banyak di antaranya hingga kini masih kita pakai. Salah seorangnya menyebutkan satu galaksi yang sekarang kita sebut Andromeda. Sementara ahli astronomi lainnya menemukan cara untuk memprediksi fase orbit bulan serta gerhana matahari dan gerhana bulan.
  11. Abbas bin Firnas melakukan uji coba terbang pertama dengan dunia menggunakan wahana seperti gantole di Cordoba (852 M). (Penerbangan pertama dengan sayap).
  12. Fathimah al Fihri membiayai dan memimpin pembangunan masjid di Al Qarawiyin di Fez, Maroko, 1150 tahun yang lalu. Pendidikan di masjid itu kini menjadi universitas di dunia yang masih berjalan. (Universitas Tertua)
  13. Perlengkapan medis. Pada abad ke-10, ahli kedokteran di peradaban Muslim telah bekerja dengan perangkat pembedahan. Beberapa diantaranya tak jauh berbeda dari yang kita gunakan sekarang. (Penemuan Perlengkapan Medis)
  14. Mimar Sinan terkenal pada abad ke-16 di Turki karena merancang kubah tertinggi dan terlebar pada zamannya (Arsitektur Hebat)
  15. Lama sebelum Kristoforus Kolombus mengembangkan layar kapalnya, Ilmuwan Muslim Al Idrisi menyusun peta lengkap yang menggambarkan Eropa, Asia dan Afrika Utara. (Penggambaran Peta Dunia Pertama)
  16. Hasil eksperimen yang dilakukan oleh Ibnul Haitsam dengan cahaya di ruangan gelap (atau dalam bahasa Latin disebut “camera obscura”) menjadi dasar penemuan kamera modern. (Penemu Kamera Pertama).
  17. Jam Gajah buatan Al Jazari adalah salah satu contoh mesin mekanik unik yang diciptakan pada zaman keemasan peradaban Islam (Penemu Jam Mekanik Pertama)
  18. Wanita Muslimah Mariam al Asthurlabiyah ialah ahli dalam membuat astrolabe –alat rumit yang bisa digunakan untuk mencari arah, menunjukkan waktu, hingga mengamati matahari dan bintang-bintang. (Penemu Astrolabe Pertama)
  19. Jabir bin Hayyan menyempurnakan proses penyulingan, yang kini masih digunakan untuk membuat parfum, gasolin, plastik dan sebagainya. (Ahli Kimia Ternama)
  20. Pada awal abad ke-9, ilmuwan dan cendekiawan terkemuka dari berbagai berbagai penjuru Peradaban Muslim berkumpul di Rumah Hikmah (semacam perpustakaan) untuk belajar, berdebat dan membuat penemuan-penemuan baru. (Perpustakaan Sebagai Tempat Diskusi Ilmu)
  21. Pada abad ke-9, seorang penduduk Abesinia (Ethiopia) mengamati kambing-kambingnya jadi penuh semangat setelah memakan biji kopi. Tingginya permintaan terhadap kopi membuat Mocha, Yaman, menjadi pelabuhan perdagangan yang ramai (Penemuan Kopi)
  22. Lima ratus tahun sebelum muncul di Eropa, kincir angin sudah menjadi hal yang biasa terlihat di peradaban Muslim (Kincir Angin Pertama)
  23. Tahun 1343, Ibnu Bathuthah sang pengelana Islam dari Arab menyebut Jawah untuk Sumatra dan Mula Jawah untuk Jawa. Ibnu Bathuthah juga melaporkan kunjungannya ke Aceh yang waktu itu di bawah kesultanan Samudra Pasai (Pengelana Dunia yang Hebat)
    Zheng He (Zheng Ho), Laksamana armada Tiongkok, berlayar dengan kapal laut berbahan kayu terbesar di dunia pada awal 1400-an, menjelajah dari Tiongkok ke Indonesia, Sri Lanka, sampai Arab dan Afrika.
  24. Kalian mungkin akan terkejut mengetahui banyak kemudahan dan kenyamanan yang kita nikmati hari ini sudah menjadi bagian keseharian orang-orang yang hidup di masa Peradaban Islam seribu tahun yang lalu.
  25. Kota-kota di Peradaban Islam sangat modern dan tertata untuk zamannya. Tempat-tempat terpenting seperti pasar, rumah, pemandian, dan taman tertata rapi mengelilingi masjid
  26. Kebanyakan rumah di peradaban Islam punya sistem pengatur suhu udara, halaman di dalam, teman dan teras. Sementara itu kebanyakan orang di luar Peradaban Islam tinggal di tempat yang jauh lebih buruk dan tak nyaman.
  27. Tembok sekeliling rumah dibangun lebih tinggi daripada penunggang unta untuk menjaga privasi orang-orang yang ada di dalam rumah.
  28. Untuk mengurangi sengatan panas iklim gurun, perancang kota menyediakan tempat teduh dengan merancang jalan-jalan kecil yang beratap, air mancur di dalam maupun di luar ruangan, dan kebun tertata di halaman
  29. Orang-orang dengan beragam latar belakang agama dan budaya tinggal berdampingan dan bekerjasama di kota yang diperintah penguasa Muslim.
  30. Jual beli makanan, bumbu, buku dan barang lainnya dilakukan di pasar terbuka yang disebut ‘Suq’.
  31. Penduduk hingga kini masih melakukan jual beli di Suq Maroko, Turki dan negara-negara Muslim lainnya.
  32. Rumah penduduk dibangun berdekatan dengan masjid agar terdengar panggilan adzan untuk shalat
  33. Cordoba, di Peradaban Islam Spanyol, layaknya New York City pada abad ke-9 dan ke-10. Kota itu punya sekolah gratis, perpustakaan, perumahan dengan saluran air ledeng dan banyak lainnya
  34. Air mancur di Istana Alhambra di Granada, Spanyol, menggunakan sistem pengairan berusia 650 tahun yang dirancang pada masa penguasa Muslim abad ke-14.
  35. Sebaliknya, London Inggris dan Paris Prancis saat itu belum punya penerangan jalan serta jalan berpelapis hingga beberapa ratus tahun sesudah pembangunan Alhambra.
  36. Di beberapa kota Muslim yang sudah maju, sampah dikumpulkan secara rutin oleh kereta keledai, jalanan dibersihkan setiap hari dan sudah ada selokan sebagai sistem drainase
  37. Hammam atau pemandian, adalah bagian penting di kota-kota Peradaban Islam.
  38. Penduduk kota menghabiskan banyak waktu pada hari-hari tertentu di hammam, bersantai di ruang sauna, berendam air panas atau terjun ke kolam air dingin.
  39. Di peradaban Islam, taman merupakan lambing surge di dunia dan tempat sempurna untuk duduk tafakur
  40. Sejak abad ke-8, merancang dan membuat taman jadi tren yang tersebar sepanjang dunia Islam dari Spanyol hingga India
  41. Al-Qur’an sering menyebutkan taman surga, misalnya Adn. Ini menginspirasi banyak penata taman
  42. Pada abad ke-10, taman mulai dilengkapi dengan kanal dangkal, air mancur, dan petak-petak bunga yang disusun dengan pola geometris.
  43. Taman-taman tersebut, masih bisa ditemukan di Taj Mahal India, Alhambra Spanyol dan berbagai tempat di Eropa. Di man ataman-taman kerajaan yang modelnya serupa dibuat beebrapa abad kemudian
  44. Air merupakan barang langka di sebagian wilayah sebagian besar wilayah Peradaban Islam, sehingga air mancur dan kanal di taman adalah lambing kekayaan
  45. Para insinyur Muslim menemukan cara cerdik untuk mengendalikan tampilan dan aliran air mancur sehingga tidak hanya indah dilihat, tapi juga bergemericik menenangkan kalau didengar
  46. Dua belas singa yang mengelilingi air mancur Taman Alhambra, Spanyol, membentuk jam air. Dahulu, 650 tahun lalu, air dibuat menyembur dari mulut singa yang berbeda setiap jamnya
  47. Bunga seperti tulip, bakung dan anyelir didatangkan dari Peradaban Islam ke Eropa dan berbagai tempat lainnya
  48. Taman juga digunakan untuk melakukan berbagai percobaan di bidang botani, menjadi tempat berteduh, serta tempat bercocok tanam bahan pangan
  49. Rumah kaca yang disebut “konservatori” berasal dari kios Turki atau koshk. Ini kemudian ditiru di rumah-rumah Eropa dan tempat lain.
  50. Koshk adalah ruangan luas berkubah dengan sisi terbuka yang melengkung. Paviliun dan gazebo masa kini berawal dari koshk
  51. Di Peradaban Islam, koshk biasanya menempel di masjid dan seringkali berpemandangan taman
  52. Taman pada masa itu bahkan menjadi inspirasi, sehingga muncul aliran puisi Arab yang disebut ‘raudhiyah’. Salah satu kios terkenal, Cinili Koshk, dibangun pada 1473 di Istana Topkapi, Instanbul Turki. Kios ini setinggi dua lantai dan dilengkapi dengan kubah di atasnya.

Sumber: Buku ‘1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim’, National Geographic, KPG, 2016.

Nuim Hidayat, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah, Depok.

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Back to top button