OPINI

2021: Antara Optimisme vs Pessimisme (Bag.1)

Hubungan diplomasi ini tentunya  semakin melemahkan posisi Palestina dalam perundingan dengan Israel. Karena tidak adanya hubungan diplomasi antara dunia Islam dan Israel merupakan salah satu bentuk tekanan agar Israel memberikan kemerdekaan kepada bangsa Palestina. Maka dengan hubungan ini seolah negera-negara tersebut memberikan justifikasi atas penjajahan Israel atas bangsa Palestina.

Tentu kita juga tidak lupakan berbagai kekerasan yang menimpa Umat Islam di berbagai negara-negara mayoritas Muslim. Di Bangladesh para pemimpin jamaah Islamiyah, sebuah organisasi massa dan poliitk dibasmi. Di Mesir para Pemimpin dan aktifis IM dihabisi. Di Saudi Arabia ratusan bahkan ribuan Ulama dan aktifis sedang di penjara.

Di Indonesia sendiri juga terjadi kekerasan-kekerasan kepada beberapa ulama dan aktifis Islam. Yang paling hangat adalah pembunuhan enam anggota dan aktifis FPI.

Sekali lagi, seperti yang pernah saya sampaikan, terlepas dari kenyataan di lapangan di subuh hari itu, simpati atau tidak simpati dengan FPI, pembunuhan kepada kaum sipil tanpa ancaman yang pasti (imminent threat) tidak dibenarkan.

Dan karenanya fakta tentang peristiwa ini harus dicari dan diselesaikan secara tuntas. Jika tidak maka akan menjadi catatan kelam dalam perjalanan sejarah bangsa ini. 

Kota New York, Januari 2021

Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation/Diaspora Indonesia dan Imam di kota New York.

Laman sebelumnya 1 2 3

Artikel Terkait

Back to top button