INTERNASIONAL

Presiden Erdogan: Aliansi Negara Islam, Satu-satunya Langkah Hentikan Arogansi Israel

Istanbul (SI Online) – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan menyerukan agar negara-negara Islam membentuk aliansi untuk melawan apa yang ia sebut sebagai “ancaman ekspansionisme yang terus meningkat” dari Israel.

Erdogan menyampaikan pernyataan itu setelah menggambarkan apa yang dikatakan oleh para pejabat Palestina dan Turki sebagai pembunuhan oleh pasukan Israel terhadap wanita Turki-Amerika bernama Aysenur Ezgi Eygi. Aktivis HAM ini ikut serta dalam protes pada Jumat menentang perluasan pemukiman di Tepi Barat yang diduduki Israel.

“Satu-satunya langkah yang akan menghentikan arogansi Israel, banditisme Israel, dan terorisme negara Israel adalah aliansi negara-negara Islam,” ujar Erdogan dalam sebuah acara asosiasi sekolah-sekolah Islam di dekat Istanbul, pada Sabtu, 7 September 2024.

Erdogan mengatakan, langkah-langkah yang telah diambil Turki baru-baru ini untuk meningkatkan hubungan dengan Mesir dan Suriah bertujuan untuk “membentuk garis solidaritas melawan ancaman ekspansionisme yang terus meningkat,” yang menurutnya juga mengancam Lebanon dan Suriah.

Israel tidak segera mengomentari pernyataan Erdogan pada hari Sabtu.

Sumber: REUTERS

Artikel Terkait

Back to top button