#Wabah CoronaNASIONAL

Akhirnya, Pemerintah Larang Warga China Masuk Indonesia

Jakarta (SI Online) – Pemerintah memberlakukan larangan masuk ke Indonesia terhadap pendatang dari China daratan atau yang sudah berada di China daratan selama 14 hari. Selain itu pemerintah juga melarang perjalanan Warga Negara Indonesia (WNI) ke China.

Pemerintah juga menghentikan kebijakan bebas visa kunjungan bagi warga negara China untuk mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia.

Kebijakan pemerintah itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers seusai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (2/2/2020).

“Semua pendatang yang tiba dari China daratan dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” kata Menlu Retno.

Pemerintah, kata Menlu, juga memutuskan menunda semua penerbangan langsung dari dan ke China mulai Rabu (05/02) pukul 00.00 WIB.

Retno juga mengatakan, pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara China yang bertempat tinggal di China daratan.

“Pemerintah meminta WNI untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke China daratan,” kata Menlu tanpa menjelaskan lebih detil.

Saat konferensi pers Menlu didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

red: shodiq ramadhan/dbs

Artikel Terkait

Back to top button