#Ramadhan Karim 1440HINTERNASIONAL

Arab Saudi dan Sejumlah Negara Timteng Rayakan Idulfitri 4 Juni 2019

Jakarta (SI Online) – Sejumlah negara Timur Tengah, seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan negara-negara Teluk lainnya, mengumumkan akan merayakan Idul Fitri pada Selasa (4/6/2019) hari ini. Ini karena mereka telah mengaku melihat bulan (hilal) pada Senin sore.

Seperti dilansir Arabnews.com, Mahkamah Agung Saudi telah mengumumkan perayaan Idulfitri 1 Syawal 1440 H akan dimulai di Arab Saudi pada Selasa, 4 Jun 2019.

Bulan sabit Syawal terlihat dari beberapa bagian Kerajaan pada Senin malam, yang berarti Idul Fitri akan dimulai pada hari berikutnya.

Pengadilan pada hari Sabtu meminta semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk mencoba dan menemukan bulan sabit pada Senin malam, 29 Ramadhan 1440H, sesuai dengan 3 Juni 2019.

Pada kesempatan Idul Fitri, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Selain Arab Saudi, UEA, Kuwait, dan negara-negara Teluk lainnya semuanya akan merayakan Idul Fitri pada hari Selasa, dengan Ramadhan berakhir pada hari Senin dan membawa hampir satu bulan puasa antara matahari terbit dan terbenam.

Sementara di Indonesia, Pakistan, Australia, dan negara-negara Asia lainnya, bulan sabit tidak terlihat, sehingga Idul Fitri akan dimulai pada hari Rabu.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idul Fitri 2019 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

red: farah abdillah/dbs

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close