NASIONAL

Begini Ekspresi Arteria Dahlan Saat Disebut Mamaknya Pendiri PKI Sumbar

Jakarta (SI Online) – Wartawan senior Sumatera Barat, Hasril Chaniago, bercerita tentang sejarah Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat. Cerita itu ia sampaikan dalam forum diskusi pekanan Indonesia Lawyer Club (ILC) di tvOne, Selasa malam (8/9/2020).

Secara mengejutkan, Hasril membuka fakta bahwa kakek politikus PDIP Arteria Dahlan adalah pendiri PKI di Sumbar, yaitu Bachtaruddin.

“Arteria Dahlan itu mamaknya itu Bachtaruddin, nama kakeknya itu. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota Konstituante setelah Pemilu 1955,” kata Hasril.

Baca juga: Wartawan Senior Sebut Kakek Politisi PDIP Arteria Dahlan Pendiri PKI di Sumbar

Mendengar pernyataan Hasril Chaniago itu, ekspresi Arteria tampak hanya manggut-manggut sambil tersenyum. Arteria tak langsung membantah pernyataan tersebut.

Awalnya Hasril bercerita soal sejarah Pemilu 1955 yang didominasi oleh tiga partai yaitu Partai Masyumi, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), dan PKI. Saat itu ada lebih dari 100 partai yang menjadi peserta.

“Nomor satu Masyumi 49 persen, kedua Perti 28 persen, ketiga PKI 7 Persen, memang 7 persen, tapi nomor 3. Ini masih kakek nih, sama Arteria Dahlan namanya Bachtaruddin. Dalam satu keluarga di Minangkabau itu bisa lahir berbagai aliran politik,” ujar Hasril di ILC tvOne bertajuk ‘Sumbar Belum Pancasilais’, dikutip Rabu, 9 September 2020.

Hasril pun melanjutkan bahwa Arteria punya garis keturunan dengan Rasuna Said, dan keluarganya memang memiliki banyak ragam pandangan politik.

“Dia masih ada garis keturunannya dengan Rasuna Said, Masyumi, Arteria Dahlan itu mamaknya ini Bachtaruddin, kakeknya. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat, anggota konstituante 1955. Jadi menerima perbedaan itu malah dalam satu keluarga,” ujar Hasril.

sumber: viva.co.id

Artikel Terkait

Back to top button