#Pandemi COVID-19INTERNASIONAL

China Tuding COVID-19 Berasal dari Lab Militer AS

Beijing (SI Online) – China melakukan serangan balik kepada Amerika Serikat (AS) mengenai asal usul virus COVID-19. Beijing menuding virus corona SARS-CoV-2, penyebab COVID-19, berasal dari laboratorium senjata biologis militer Amerika.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menuding virus itu muncul dari laboratorium senjata biologis di Fort Detrick di Maryland. Klaim ini pun akhirnya memicu kehebohan di media sosial China.

Hua meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan penyelidikan ke laboratorium tersebut.

“Jika Amerika menghormati kebenaran, tolong buka Fort Detrick dan publikasikan lebih banyak informasi tentang 200 atau lebih laboratorium biologi di luar AS, dan izinkan kelompok ahli WHO pergi ke AS untuk menyelidiki asal-usulnya,” katanya kepada media pemerintah setempat yang dilansir news.com.au, Selasa (26/1/2021).

Jauh sebelum tudingan itu muncul, teori konspirasi yang beredar sepanjang 2020 lalu juga menyebut pangkalan militer AS di Maryland sebagai sumber COVID-19.

AS, terutama di era pemerintahan Donald Trump, berkali-kali mengeklaim bahwa virus corona SARS-CoV-2 bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan, China. Pihak laboratorium maupun pemerintah Beijing membantah klaim tersebut.

Kendati demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa virus itu pertama kali terkonfirmasi muncul di Wuhan dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Para ahli dari WHO telah berada di Wuhan untuk melakukan penyelidikan, namun belum diketahui bagaimana hasilnya.

red: a.syakira

Artikel Terkait

Back to top button