NASIONAL

Dukung Bamsoet Golkar Duduki Ketua MPR, PDIP Sodorkan Empat Syarat

Jakarta (SI Online) – PDI Perjuangan ( PDI-P) mendukung politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua MPR. Dukungan itu diberikan dengan sejumlah syarat yang disampaikan langsung kepada Bambang dan pimpinan Fraksi Partai Golkar saat pertemuan musyawarah antara Pimpinan Fraksi MPR, Rabu (2/10/2019).

“Dukungan PDI Perjuangan terhadap Bamsoet dan Partai Golkar untuk menjadi Ketua MPR bukan dengan cek kosong, artinya bukan tanpa syarat,” ujar Ketua Fraksi PDI-P di MPR Ahmad Basarah melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/10/2019).

Menurut Basarah, PDI-P menyampaikan empat syarat kepada mantan Ketua DPR itu. Pertama, meminta agar pemilihan Ketua MPR dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting.

“PDI Perjuangan mempersilahkan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat,” kata Basarah.

Kedua, PDI-P meminta kepada Fraksi Partai Golkar untuk berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Presiden Joko Widodo sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan tahun 2024.

Ketiga, meminta Bambang mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk menghidupkan kembali Haluan Negara melalui Ketetapan MPR.

Keempat, melanjutkan program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digagas Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa.

Menurut Basarah, semua agenda tersebut sudah menjadi rekomendasi yang diputuskan oleh MPR masa bhakti 2014-2019 kepada MPR masa bhakti 2019-2024.

Basarah menegaskan, syarat-syarat dukungan itu telah disampaikan pihaknya kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar. “Disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar,” ucapnya.

red: farah abdillah

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close