#Save Uyghur

Hujan Lebat, Massa Aksi Bela Uighur di Kedubes China Jakarta Tetap Semangat

Jakarta (SI Online) – Ribuan massa dari berbagai elemen umat Islam di Jakarta mendatangi Kedutaan Besar China di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat siang (27/12/2019).

“Kita hadir di sini atas nama kemanusiaan dan sebagai Muslim kita wajib membela Muslim Uighur di China,” ungkap Sekjen GNPF Ulama Edy Mulyadi dalam orasinya di depan Kedubes China, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam aksi ini, massa membawa spanduk-spanduk yang dibawa bertuliskan ‘China Stop Genocide Ethnic of Uyghurs!’, ‘Shame on You China fo Snatching Freedom of Uighur’, dan ‘Over One Millions Uyghurs Arbitralrily Detained in China, Indonesia Must Speak Up!’.

Mereka terus melakukan orasi hingga waktu menjelang Ashar. Dan ternyata hujan lebat disertai petir pun datang. Namun hal itu sama sekali tidak menyurutkan semangat massa. Mereka tetap bertahan. Bahkan shalat Ashar pun digelar secara berjamaah.

Mereka yang bertahan menggunakan jas hujan. Ada pula yang menggunakan payung dan kardus untuk menutupi kepala mereka. Tampak pula ada massa yang lanjut demo meski harus hujan-hujanan.

Tokoh FPI, Habib Muhsin Al Attas dalam orasinya mengatakan, pemerintah China sungguh tidak berperikemanusiaan karena telah mengekang Muslim Uighur di Xinjiang dan tidak memberikan kebebasan menjalankan ibadah di ruang terbuka. “Mereka pemerintah China biadab, komunis,” tegasnya.

red: asyakira

Artikel Terkait

Back to top button