#Pandemi COVID-19PARENTING

Ibu Harus Bahagia, Kunci Mendidik Anak di Masa Pandemi Menurut Dokter Aisyah Dahlan

Jakarta (SI Online) – Pakar parenting dr. Aisah Dahlan, Cht mengajak orang tua mengedepankan sikap sabar, sadar dan tawakal dalam mengasuh anak di masa pandemi seperti saat ini.

“Merasa lelah itu wajar, tapi saat lelah itu menyerang segera lakukan pengendalian emosi,” jelasnya dalam webinar bertajuk “Mengelola Emosi dalam Pengasuhan Anak”, Senin (05/07/2021).

Dalam acara yang merupakan rangkaian dari peringatan milad ke 21 Nurul Izzah itu, dr. Aisyah mengajak saat orang tua merasakan emosi negatif segera naikkan frekwensi otak untuk menjaga imunitas.

“Selain itu ibadah khusus seperti baca Qur’an, dzikir, sedekah dan sebagainya juga bisa membuang energi negatif,” jelasnya.

Ia juga mengajak ayah bunda untuk mengenali gaya belajar anak. “Agar kita maksimal dalam pendampingan anak , dan menurut pengamatan saya 60 % anak sekarang gaya belajarnya kinestetik, maka sesuaikan dengan gayanya,” ungkap dr. Aisah.

Namun di luar itu semua, menurutnya yang terpenting ibu harus bahagia. “Karena itu akan membawa energi positif kepada anak dan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BPH Yayasan Pelayanan dan Pembinaan Ummat (YPPU) Nurul Izzah, Ruli Renata mengatakan sebetulnya pihak sekolah berharap dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

“Namun kondisi yang belum memungkinkan, angka penyebaran Covid-19 masih tinggi dan kita patuhi PPKM Darurat,” katanya.

Kendati demikian, ia mengajak orang tua untuk siap dalam segala kondisi mendidik putra putrinya bersama sekolah.

“Dalam kondisi apapun, kami senantiasa ingin menjadi mitra orang tua untuk bersama mendidik ananda menjadi pribadi yang berakhlak islami dan berprestasi di semua lini,” tegasnya.

Acara yang diikuti 560 wali murid dan guru itu berlangsung interaktif, peserta memanfaatkan kesempatan untuk konsultasi dengan dr. Aisah Dahlan.

YPPU Nurul Izzah merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan mulai dari Day Care, RA, SD, SMP dan Rumah Tahfidz. []

Artikel Terkait

Back to top button