#Pandemi COVID-19INTERNASIONAL

Ilmuwan Penasaran, Kasus Covid-19 di India Turun Drastis

Jakarta (SI Online) – Selama ini India menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan total kasus melampaui 10,8 juta.

Namun, penambahan kasus Covid-19 harian di negeri mayoritas Hindu ini terus menurun dalam beberapa pekan terakhir, begitu pula dengan angka kematian.

Berdasarkan data Johns Hopkins University of Medicine, India mencatatkan 11.713 kasus Covid-19 baru pada Sabtu (6/8/2021) sehingga total kasus hingga saat ini mencapai 10.814.304 kasus.

Penambahan kasus harian ini jauh menurun dibandingkan saat puncak pandemi pada September 2020 lalu. Rekor tertinggi kasus harian di India pernah mencapai 97.894 kasus pada 16 September 2020. Namun sejak saat itu, angka kasus harian terus menurun.

Sejalan dengan penambahan kasus harian, angka kematian akibat Covid-19 juga terus melandai menjadi 95 jiwa pada Sabtu dari 2.003 pada 16 Juni 2020 silam.

Penurunan laju infeksi virus corona ini seakan berbanding terbalik dengan sejumlah negara lain di dunia yang justru mengalami gelombang infeksi kedua.

Salah seorang dokter di Rumah Sakit Umum India Ajeet Jain mengakui situasi di India saat ini sangat jauh berbeda dari masa-masa puncak pandemi. Padahal, ia merasa seperti sedang mimpi buruk saat RS tempat dia bekerja di New Delhi dipenuhi dengan pasien Covid-19.

Saat ini, ia mengakui situasinya jauh berbeda. Jumlah pasien virus corona di rumah sakit bisa dihitung dengan jari. Dari 200 ventilator yang tersedia, hanya dua yang digunakan. Rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh negeri melaporkan pengalaman serupa.

β€œIni sangat, sangat melegakan,” kata Jain, seperti dikutip Washington Post.

Turunnya penyebaran virus corona di negara dengan populasi terpadat kedua di dunia tersebut masih membuat sejumlah ilmuwan penasaran. Ahli Kesehatan Georgetown University Jishnu Das mengatakan turunnya penyebaran ini bukan dikarenakan jumlah tes yang menurun atau ada banyak kasus Covid-19 yang tidak dilaporkan.

β€œ[Angka Covid-19 di India] sebelumnya terus naik,dan sekarang seakan hilang tiba-tiba. Keterisian ruang ICU di RS terus menurun. Seluruh indikator menyatakan angka infeksi turun,” ungkap Das dikutip dari India Times.

Penurunan tersebut tidak terkait dengan berkurangnya kesempatan virus untuk menular. India telah sepenuhnya membuka kembali perekonomiannya, kecuali membuka sekolah dasar. Restoran, mal, dan pasar ramai. Masker biasa digunakan di beberapa tempat dalam ruangan dan wajib di Delhi dan Mumbai, tetapi di tempat lain, jarang orang terlihat menggunakan masker.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button