SYARIAH

Kesempurnaan dan Kemudahan Dinul Islam

Fitrah  adalah  nurani  manusia.  Fitrah  telah  ada  jauh  sebelum  manusia  dilahirkan  ke  dunia.  Ketika  semua  janin  ditiupkan  roh  kepadanya  ditanya  oleh  Allah  SWT, sebagaimana  terekam  dalam  Firman-Nya,

Dan  (ingatlah)  ketika  Tuhanmu  mengeluarkan  dari  sulbi  (tulang  belakang)  anak  cucu  Adam  keturunan  mereka  dan  Allah  mengambil  kesaksian  terhadap  roh  mereka  (seraya  berfirman),  “Bukankah  Aku  ini  Tuhanmu?”  Mereka  menjawab,  “Betul  (Engkau  Tuhan  kami),  kami  bersaksi.”  (Kami  lakukan  yang  demikian  itu)  agar  di  hari  Kiamat  kamu  tidak  mengatakan,  “Sesungguhnya  ketika  itu  kami  lengah  terhadap  ini,” (Al-A’raf  [7]:  172)

Allah  SWT  menciptakan  manusia  dengan  fitrah  bertuhan,  maka  hati  manusia  akan  merasa  nyaman  jika  kepadanya  disematkan  predikat  “hamba  Allah”.  Sebaliknya,  ia  akan  merasa  resah,  gelisah,  bahkan  marah  jika  dikatakan  sebagai  “hamba  dunia”. Ini  semua  merupakan  bukti  bahwa  pada  dasarnya  manusia  memiliki  fitrah  bertuhan.  Dalam  hal  ini  Islam  adalah  satu-satunya  agama  yang  senantiasa  selaras  dengan  fitrah  manusia.  Hal  ini  sebagaimana  dituturkan  Al-Qur’an,  bahwa  esensi  penciptaan  jin  dan  manusia  adalah  untuk  menghamba  kepada  Allah SWT.

Aku  tidak  menciptakan  jin  dan  manusia  melainkan  agar  mereka  beribadah  kepada-Ku.  (Adz-Dzariyat  [51]:  56)

Namun  fitrah  bertuhan  yang  ada  pada  diri  manusia  tersebut  barulah  merupakan  potensi  dasar  yang  harus  terus  menerus  dipelihara  dan  dikembangkan.  Apabila  fitrah  tersebut  tertutupi  oleh  faktor-faktor  dari  luar  nuraninya,  manusia  akan  berlari  dan  menentang  fitrahnya  sendiri.  Tetapi  bila  dihadapkan  pada  persoalan-persoalan  kehidupan  yang  rumit  dan  dia  sudah  kehilangan  daya  untuk  menghadapinya,  barulah  secara  sepontan  fitrah  tersebut  kembali  muncul.

Dan  apabila  manusia  ditimpa  bahaya  dia  berdoa  kepada  Kami  dalam  keadaan  berbaring,  duduk  atau  berdiri,  tetapi  setelah  Kami  hilangkan  bahaya  itu  darinya,  dia  kembali  (ke  jalan  yang  sesat),  seolah-olah  tidak  pernah  berdoa  kepada  Kami  untuk  (menghilangkan)  bahaya  yang  telah  menimpanya.  Demikianlah  dijadikan  terasa  indah  bagi  orang-orang  yang  melampaui  batas  apa  yang  mereka  kerjakan.  (Yunus  [10]:  12)

Selain  berhubungan  dengan  keimanan,  fitrah  manusia  juga  berkolerasi  dengan  segala  sesuatu  yang  menyangkut  cara  manusia  menjalani  kehidupannya  dengan  berpatokan  pada  pedoman  hidup  yang  telah  ditetapkan  Allah  SWT.  Apa  yang  menurut  fitrah  manusia  itu  baik  Allah  pasti  memerintahkannya.  Sebaliknya  apa  yang  menurut  fitrah  manusia  itu  buruk  maka  Allah  dengan  tegas  pasti  melarangnya.  Manusia  memiliki  fitrah  menyukai  keindahan.  Islam  pun  mengajarkan  kepada  pemeluknya  untuk  senantiasa  keindahan,  kebersihan  dan  kerapian.

Sesungguhnya  Allah  itu  baik,  menyukai  yang  baik-baik.  Dia Maha  Bersih,  menyukai  kebersihan.  Dia  Maha  Mulia  menyukai  kemuliaan.  Dia  Maha  Pemurah  menyukai  kedermawanan.  Karena  itu,  bersihkanlah  tempat-tempatmu. (HR.  Baihaqi)

Sebagai  agama  yang  selaras  dengan  fithrah,  Islam  sangat  memahami  kemampuan  manusia  dalam  menunaikan  ajaran-ajaran  agama.  Allah  SWT  telah  menjamin  bahwa  Dia  tidak  akan  membebani  manusia  di  luar  kemampuannya.  Karena  itu  secara  kodrati,  pada  dasarnya  manusia  mampu  menjalankan  syariat  Islam  dengan  bekal  yang dianugerahkan  Allah  SWT.

Allah  tidak  membebani  seseorang  melainkan  sesuai  dengan  kesanggupannya.  Dia  mendapat  (pahala)  dari  kebajikan  yang  dikerjakannya  dan  dia  mendapat  (siksa)  dari  (kejahatan)  yang  diperbuatnya… (Al-Baqarah  [2]:  286)

Salah  satu  dari  kelemah  lembutan  dan  kasih  sayang  Allah  SWT  kepada  manusia  adalah  tidak  membebani  seorang  pun  melainkan  sebatas  kemampuannya.  Ketika  seorang  hamba  tidak  sanggup  menunaikan  suatu  tanggung  jawab  yang  dibebankan  oleh  Allah  melalui  syariat-Nya,  hamba  tersebut  dapat  mencari  jalan  keluar  dengan  menilik  kemudahan  yang  Allah  SWT sediakan  di balik  syariat  tersebut  sesuai  dengan  ketentuan  yang  telah digariskan.

Islam  telah  mewajibkan  shalat  lima  waktu  dalam  sehari  semalam.  Penetapan  lima  waktu  ini  sudah  diukur  dengan  kemampuan  manusia  untuk  melaksanakannya.  Adapun  dalam  kondisi  dimana  seseorang  tidak  mampu  menunaikan  shalat  dengan  berdiri  karena  sakit  Allah  SWT  telah  memaklumkan  melaksanakannya  dengan  cara  yang  lain  yang  sudah  ditentukan. Demikian  juga  dalam  kondisi  sakit  yang  menghalangi  seseorang  dari  prnggunaan  air  sehingga  ia  tidak  dapat  berwudhu,  maka  dipersilahkan  bersuci  dengan  cara  lain  yang  sudah  diatur  di  dalam  syariat.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button