IBADAH

Keutamaan Surat Al Mulk

Di akhirat kelak ternyata ada manusia yang mendapatkan keistimewaan dan perhatian spesial dari Allah ‘azza wa jalla.

Di saat kebanyakan mereka tersengat panasnya matahari yang mendidih, justru manusia-manusia istimewa itu mendapatkan naungan awan yang melindungi mereka dari sengatan sang surya. Sehingga mereka merasa nyaman dan tentram di bawah naungan tersebut. Siapakah gerangan golongan yang amat beruntung itu?

Ternyata mereka tidak satu jenis. Bahkan mereka terdiri dari berbagai golongan yang memiliki amal sholih yang berbeda-beda. Salah satunya adalah ahlul Qur’an.

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَرْزُوقٍ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنَا قَتَادَةُ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سُورَةٌ مِنْ الْقُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Marzuq telah mengabarkan kepada kami Syu’bah telah mengabarkan kepada kami Qatadah dari ‘Abbas Al Jusyami dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia di ampuni, yaitu; “Tabaarakalladzii biyadihil mulku…” (HR. Abu Daud 1192)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu (Kitab Faidhul Qadiir) karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafa’at dengan izin Allah Ta’ala di akhirat kelak.

Hadits ini semakna pula dengan hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Satu surat dalam al-Qur’an yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat : Tabaarakal ladzi biyadihil mulk, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir”. (H.R ath-Thabrani, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Surat al Mulk ini termasuk surat-surat al-Qur’an yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur di malam hari, karena agungnya kandungan maknanya. (H.R Imam at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Keutamaan dalam hadits ini diperuntukkan bagi orang yang selalu membaca surat al-Mulk secara kontinyu disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. (Faidhul Qadiir).

Demikian agungnya keutamaan surat ini maka sangatlah dianjurkan untuk menghafalnya, memahami maknanya dan melazimkan untuk membacanya terutama sebelum tidur sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam.

Wallahu A’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Tags

Artikel Terkait

BACA JUGA
Close
Back to top button
Close
Close