#Wabah CoronaINTERNASIONAL

Komite Gaza Terbitkan Keputusan untuk Tanggulangi Corona

Gaza (SI Online) – Komite pemantau kerja pemerintah di Gaza menerbitkan keputusan terkait perkembangan dan prosedur penanggulangan virus Corona.

Dilansir Pusat Informasi Palestina, Jumat (12/3) Komite mengapresiasi upaya besar yang dilakukan tim kementerian kesehatan dan semua lembaga terkait, untuk melundungi warga dari penularan virus ini dan menganjurkan dengan sangat kepada segenap warga untuk komitmen dan penuh tanggung jawab.

Komite menetapkan larangan bepergian bagi individu lewat sejumlah perlintasan sampai waktu yang belum ditentukan, kecuali untuk kondisi sangat darurat, agar menghindari penularan virus. Dan menetapkan bagi semua warga yang datang lewat perlintasan untuk tunduk pada kebijakan karantina.

Juga ditetapkan perpanjangan libur bagi semua lembaga pendidikan sampai akhir Maret, dengan diadakan penilaian kondisi setiap pekan, dan pemeriksaan intensif secara luas bagi mereka yang diduga terinfeksi virus ini.

Komite menegaskan bagi warga yang pulang ke Gaza supaya komitmen melaksanakan keputusan karantina wajib, dan bagi mereka yang melanggar aturan akan dipidanakan.

Komite menyerukan kepada segenap warga untuk menghindari kerumunan massa dalam jumlah besar, untuk melindungi kesehatan dan nyawa mereka.

Kepedulian penuh terhadap prosedur preventif menjadi keharusan setiap warga, dengan menaati rekomendasi yang telah dirilis kementerian kesehatan dan badan kesehatan dunia (WHO), lanjut Komite.

Juga dianjurkan untuk berhati-hati dalam merilis informasi terkait virus Corona, kecuali bersumber dari kementerian kesehatan. Dan semua pihak yang melanggar akan menghadapi tuntuan pidana.

Komite menyebutkan bahwa kebijakan ini mulai diberlakukan pada Jumat ini, 13/03/2020.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan, laboratorium milik mereka di pusat Syuhada al-Rimal bekerja sepanjang waktu, untuk memeriksa kondisi yang diduga terinfeksi virus Corona atau Covid 19.

Kementerian menegaskan, laboratorium pusat disiapkan dengan perangkat dan perlengkapan sesuai untuk pemeriksaan virus Covid 19, dan team lab yang bekerja memiliki keahlian sempurna untuk pemeriksaan virus.

sumber: infopalestina

Artikel Terkait

Back to top button