#Ramadhan 1442 HNASIONAL

Masjid Amir Hamzah TIM Siap Gelar Ibadah Ramadhan 1442 H

Jakarta (SI Online) – Masjid Amir Hamzah di Komplek Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat siap menyelenggarakan ibadah rutin bulan Ramadhan tahun ini.

“Selama Ramadhan tetap ada tarawih, tadarus dan kita Shalat Idul Fitri, jadi kegiatan pokok tetap berjalan di masjid ini,” kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Amir Hamzah TIM Eko Wahyu Wibowo, dalam konferensi pers di Masjid Amir Hamzah Komplek TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/04/2021).

Eko menjelaskan, sebagai bagian dari komunitas masyarakat, Masjid Amir Hamzah meski terletak di Komplek Kesenian Jakarta TIM tetap akan melaksanakan ibadah-ibadah pokok keagamaan sebagaimana masjid lainnya.

Khusus di bulan Ramadhan, ibadah Shalat Tarawih akan dilaksanakan mengikuti peraturan dan kaidah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya penerapan protokol kesehatan.

Untuk kegiatan ceramah Ramadhan, Eko mengatakan pihaknya bersinergi dengan alim ulama dan masyarakat sekitar Kali Pasir dan Kwitang untuk mengisi ceramah Ramadhan serta menjadi imam Shalat Tarawih.

“Untuk ceramah Ramadhan diisi oleh multipihak, mulai dari tokoh masyarakat sekitar, seniman, dari DKM, semuanya dibawah koordinasi Ustaz Mukhlis,” kata Eko.

Selain itu, Masjid Amir Hamzah juga sudah merencanakan dan menjadwal kegiatan buka puasa bersama, termasuk sahur bersama.

Kegiatan sahur juga telah digulirkan dengan petugas proyek revitalisasi TIM yang tetap bekerja selama Ramadhan. Menurut Eko, kegiatan sahur ini menjadi bagian dari upaya memakmurkan masjid di waktu subuh.

“Sahur ini digandengkan dengan subuh berjamaah, artinya memakmurkan masjid di kala subuh,” kata Eko yang juga Kasubag Tata Usaha Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, kegiatan lainnya yang disiapkan selama Ramadhan yakni santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang berada di sekitar komplek TIM.

Pemberian santunan terhadap anak yatim tersebut diagendakan pada 17 Ramadhan bertepatan dengan Malam Nuzulul Qur’an.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Back to top button